Pertunjukan Kawula Suara

JO, Solo –  Sebuah pergelaran seni bertajuk Kawula Suara di gelar di gedung pertunjukan Teater Arena Taman Budaya Jawa Tengah, Jumat 11 September 2015. Adith B Pradana, seorang pelaku seni di kota Bengawan  berkolaborasi dengan para pegiat seni dalam pertunjukan yang memadukan musik, tari, teater dan multimedia ini.

“Ide pertunjukan ini berawal dari asumsi saya sebagai pelaku seni musik yang mulai mendengar bunyi dalam tiap lini kehidupan. Satu bunyi yang didengar bisa menjadi sebuah ‘Thesis’ dan bunyi lain yang bersamaan sebagai ‘Antithesis’ dimana kontinyuitas satu bunyi yang bersamaan dengan bunyi lain dan perbedaan tinggi rendah satu bunyi dengan bunyi lain yang bersamaan sebagai ‘Synthesis’ yang bernama musik.” kata Adith.

“Dan bukan tidak mungkin sebuah ‘Synthesis’, misal yang berupa bersatunya bunyi kendaraan dengan teriakan tukang bakso di jalanan, menjadi ‘thesis’ bagi ‘antithesis’ yang lain, mungkin suara petikan gitar pengamen jalanan, dan menjelma menjadi ‘Synthesis’ baru yg entah apa namanya.” Imbuh pria bertubuh tinggi ini. Adith menjadikan pertunjukan musik Kawula Suara sebagai sarana untuk mencipta synthesis baru dalam bermusik serta memahami tiap entitas bunyi sebagai thesis, sebagai materi dasar terciptanya sebuah karya musik.

Pementasan Kawula Suara merupakan pertunjukan musik dengan pendekatan media untuk menyampaikan gagasan tentang bunyi. Selain dibalut sebuah lakon yang menceritakan esensi bunyi dengan gaya kocak yang diperankan oleh tokoh 2 orang wanita dimana satu orang memerankan tokoh “Bu” dan yang lainnya memerankan tokoh “Nyi“, pertunjukan musik ini juga dihiasi pemutaran film atau videoart pendek yang kadang menceritakan repertoar yang akan di bawakan atau muncul ditengah2nya.

Pertunjukan ini diharapkan akan membuat masyarakat menjadi kreatif dan lebih peka terhadap keadaan sekitar serta jatidiri bangsa pun bisa ditemukan melalui pendekatan bunyi. Selain itu Adith juga ingin membangun forum musik yang membahas kontekstual musik, hubungan musik dengan alam dan sekitar. – sur

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Wordpress Theme wordpress