Market Share Holcim Di Solo Naik

JO, Solo – Kebijakan pemerintah soal penurunan harga semen senilai Rp 3.000 per sak untuk merangsang peningkatan kebutuhan pasar dinilai justru tidak efektif dan bahkan menurunkan harga produk tersebut.

Di semester pertama tahun ini, pasar semen nasional justru turun 5 persen menjadi 28,7 ton. Sementara Semen Holcim sendiri masih mampu mempertahankan pangsa pasar 13,9 persen, meski penjualan mengalami penurunan hingga 4,9 persen.

Selain penurunan akibat penurunan penjualan, pihak perusahaan juga harus menanggung biaya akibat penguatan nilai tukar Dolar AS terhadap rupiah. Terutama energi untuk kebutuhan produksi, depresi, dan upah buruh.

“Kebutuhan semen Holcim di Solo dan sekitar rata-rata 35 hingga 40 ribu ton per bulan. Khusus Agustus tahun ini, penjualan mencapai target hingga 107 persen. Pertumbuhannya 25 dibanding bulan yang sama tahun lalu,” kata corporate communications PT Holcim Indonesia Tbk Deni Nuryandain kepada sejumlah wartawan, Rabu (30/9/2015).

Deni mengatakan, penurunan penjualan semen di semester pertama tahun ini lebih banyak disebabkan seretnya serapan APBD/APBN khususnya untuk pembangunan infrastruktur. Di samping itu lesunya kondisi ekonomi dan menurunnya daya beli nasional juga memperparah penjualan semen.

“Namun kita berharap, di semester kedua tahun ini penjualan semen akan meningkat seiring dengan peningkatan serapan APBN/APBD serta sambil menunggu pemulihan ekonomi,” kata dia.

Lebih lanjut Deni mengatakan, pengoparesian pabrik di Tuban yang diresmikan pertengahan Agustus tahun ini diharapkan bisa memenuhi kebutuhan semen tahun depan yang diperkirakan akan meningkat kebutuhannya, seiring dengan perencanaan pembangunan infrastruktur dan properti. Pabrik di Tuban yang berkapasitas 3,4 juta ton per tahun itu untuk memenuhi semen di Jatim dan Indonesia bagian timur yang diangkut melalui laut.. – wid

One thought on “Market Share Holcim Di Solo Naik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Wordpress Themewordpress
Advertisment ad adsense adlogger