Deklarasi Damai Pilkada Solo 2015

 Abednego Utomo Prasetyo, Ketua Forum Komunikasi Lintas Kultural

JO, Solo – Pemilihan Kepala Daerah serentak yang akan diselenggarakam tanggal 9 Desember 2015 di seluruh Indonesia merupakan agenda nasional di era pemerintahan Jokowi. Pilkada serentak diharapkan dapat memberikan solusi efektifitas dan efisiensi penyelenggaraan pemilu dan anggaran. Namun di sisi lain Pilkada serentak mempunyai beban psikologis bagi keamanan dan kondusifitas daerah.

Forum Komunikasi Lintas Kultural menyelenggarakan kegiatan Temu Tokoh Dan Deklarasi Damai Pilkada Surakarta 2015 : Walikota ku Walikota mu Walikota kita, bertempat di RM. Padang Embun Pagi Jl. Dr. Radjiman 167 Singosaren Serengan Solo. Senin, 30 Nopember 2015, jam: 10.00 – selesai.

Ketua Forum Komunikasi Lintas Kultural, Abednego Utomo Prasetyo, pemilu legislatif dan pemilihan presiden yang dilaksanakan secara serentak boleh dibilang tingkat kerawanannya terpecah sehingga bisa menjadi lebih ringan.

“Namun Pemilihan Kepala Daerah serentak ini mempunyai beban penanganan yang relatif lebih berat karena masing masing daerah mempunyai beban dan pemicu konflik yang tajam,” katanya, saat ditemui disela persiapan acara. Rabu (25/11/2015)

Masing masing pasangan calon akan all out mengerahkan kekuatan masing masing untuk memenangkan kompetisi ini. Berbagai cara dilakukan termasuk membius massa dengan janji janji, fanatisme golongan, sentiment ras dan agama, sampai money politic pun diseret menjadi fator pendukung kemenangan.

“Oleh karena itu seharusnya peserta Pilkada mengikuti rambu rambu yang telah disepakati bersama, tidak melakukan pelanggaran dalam bentuk apapun, maupun melakukan manuver-manuver yang bisa menimbulkan konflik sosial di masyarakat,” tambah Abednego.

Peserta Dialog Publik rencananya dihadiri oleh 100 orang yang berasal dari
Perwakilan Ormas Keagamaan, Partai Politik, Ormas Kepemudaan, Ormas Kemahasiswaan, Anggota Legislatif, Media Massa dan Undangan

Narasumber pada kegiatan tersebut antara lain ST. Wiyono, S.Sn – (Budayawan), Arif Wibowo, M.Ag. – (PSPI)  Pdt. Bambang Mulyatno, MSi.- (Pembina BAGKS) Moderator Drs. Rusharjanto – Koordinator Forum Kebangsaan Soloraya. –ian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *