Sinergi Jamkrindo-Jiwasraya Untuk Pengembangan Ekonomi Rakyat

JO, Jakarta – Pertumbuhan sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Indonesia mengalami peningkatan yang signifikan tiap tahunnya. Seiring dengan pesatnya pertumbuhan UMK di dalam negeri, diperlukan langkah serius dalam memberdayakan sekaligus mengembangkan para pelaku usaha industri kreatif tersebut. Tentunya hal ini tidak dapat dilakukan sendiri oleh pemerintah melainkan harus ada sinergi yang kuat dan kerja sama lintas sektor antara instansi Negara.

Atas dasar hal tersebut, 3(tiga) Badan Usaha Milik Negara yaitu PT Permodalan Nasional Madani (persero) bersama dengan Perusahaan Umum Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo) dan PT Asuransi Jiwasraya pada hari Kamis (11/2) lalu melakukan penandatanganan nota kesepahaman dalam mendukung aktivitas pelaku UMK di Indonesia.

PNT & DidingDeputi Bidang Usaha Jasa Keuangan, Jasa Survei dan Jasa Konsultasi Kementerian BUMN, Gatot Trihargo, mengatakan bahwa sinergi yang dilakukan oleh 3 BUMN ini patut diapresiasi. Karena selain berguna dalam memberdayakan sektor UMKM dan perempuan di Indonesia, penandatanganan nota kesepahaman ini juga selaras dengan Roadmap kementerian BUMN di sektor ekonomi Kerakyatan.

“Penandatanganan nota kesepahaman antara PNM, Jamkrindo, dan Jiwasraya pada hari ini harus diapresiasi, karena dengan sinerginya 3 BUMN ini kedepannya mampu menciptakan kesempatan usaha bagi kelompok perempuan yang tinggal di wilayah urban dan juga pengembangan sekaligus pemberdayaan UMKM di Indonesia.” Ujar Gatot di akhir acara.

Kemudian ia menambahkan “MoU ini disesuaikan dan sejalan dengan Program Nawa Cita pemerintahan Presiden Jokowi-JK, mengedepankan sinergi dan hilirasi dalam rangka menjadikan BUMN sebagai agent of development selain menciptakan nilai tambah korporasi,” lanjutnya.

Direktur Utama PT PNM (persero) Parman Nataatmadja, menyambut positif sinergi antara PNM, Jamkrindo, dan Jiwasraya. Menurutnya, langkah ini sangat tepat dilakukan untuk memecah masalah kemiskinan di Indonesia.

“kami melihat sinergi antara BUMN bidang jasa keuangan pada hari ini amatlah luar biasa, hal ini bisa menjadi solusi utama pemerintah dalam menekan angka kemiskinan dengan cara memberdayakan para perempuan yang bermukim di kawasan urban perkotaan agar lebih produktif dan mampu meningkatkan perekonomian bagi keluarganya.” Pungkasnya.

Kerjasama PT Permodalan Nasional Madani (persero) bersama Jiwasraya dan Jamkrindo bukanlah hal baru, beberapa kali 3 BUMN ini telah menjalin sinergi dalam bidang pengembangan kapasitas usaha (capacity building) bagi para pelaku UMKM di Indonesia. Karena untuk mengembangkan industri UMKM, tidak hanya sekedar butuh permodalan saja, namun juga program- program yang mampu meningkatkan kapabilitas dari para pelakunya.

Sekedar informasi tambahan, selain memiliki program utama yaitu Unit layanan Modal Mikro (ULaMM) dalam pelayanan UMKM, PNM juga mempunyai program yang bernama Membina Keluarga Sejahter (Mekaar). Dimana program ini ditujukan untuk meningkatkan kesehjateraan melalui kelompok perempuan pengusaha produktif. – lih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *