DPPSBI Sambut Positif Rencana Pemkot Solo Perbaiki Sriwedari

Kusumo Putro,

JO, Solo – Ketua Umum Dewan Pemerhati dan Penyelamat Seni Budaya Indonesia (DPPSBI) Kusumo Putro, menyambut gembira pernyataan Walikota Solo Rudi Hadiyatmo terkait rencana Pemkot Solo yang akan membuat anggaran guna memperbaiki bangunan dan berbagai fasilitas yang ada di lahan Sriwedari .

Hal itu di sampaikan Rudi, dalam sebuah acara dengan Forum Komunitas Sriwedari (FOKSRI), Senin (28/3/2016), menanggapi keluhan warga yang kawatir adanya kabar bahwa mereka akan digusur dari Sriwedari serta terancam kehilangan mata pencahariannya. Menjawab atas keresahan itu, Ia menjamin keamanan dan kelangsungan usaha warga yang selama ini sudah lama berada dilahan Sriwedari.

Pernyataan tersebut menurut Kusumo yang juga turut hadir dalam acara itu, telah melegakan berbagai kalangan yang selama ini prihatin dan resah utamanya masyarakat kecil penggiat ekonomi yang selama ini menggantungkan hidupnya di lahan Sriwedari, bahkan diantaranya sudah menetap puluhan tahun. “ Sriwedari adalah Roh Kota Solo maka harus dipertahankan menjadi milik publik (negara-Red), bicara Solo berarti harus ada Sriwedari .” katanya saat ditemui Rabu,(30/3/2016).

Harapan Kusumo terhadap rencana Pemkot Solo tersebut, nantinya dalam pembuatan master plan, DPPSBI, tokoh seniman dan budayawan juga dilibatkan agar ada kesepahaman. Ia meminta dalam penataannya nanti tidak ada upaya penggusuran terhadap warga yang selama ini tinggal didalamnya.

Kondisi lahan Sriwedari saat ini banyak bangunan yang mangkrak karena sudah tak layak huni bahkan beberapa diantaranya hampir roboh terutama bangunan pusat kuliner Pujasari yang bersebelahan dengan Museum Radya Pustaka.

Selanjutnya Kusumo mengatakan, gedung pertunjukan Wayang Orang, bekas gedung bioskop Solo Theatre, area Pujasari adalah sebagian bangunan yang diharapkan segera dilakukan penataan.“Dengan kondisi seperti ini akan sulit Sriwedari bisa kembali menjadi tempat tujuan wisata serta pusat kegiatan seni kota Solo kalau tidak segera diperbaiki.”pungkasnya. – nug

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *