CSR Save Life Thalassemia di Prodia Solo

JO, Solo – Bertempat di Prodia Solo, Pengurus Perhimpunan Orangtua Penderita Thalassemia (POPTI) bekerjasama dengan Prodia mengadakan kegiatan CSR Screening Thalassemia kepada 50 anak yang diduga membawa sifat thalassemia.

Penyakit thalassemia memang tidak sepopuler penyakit diabetes, hipertensi, jantung, kanker atau penyakit lainnya. Padahal hingga saat ini, terdapat setidaknya 250 juta jiwa di seluruh dunia yang dinyatakan sebagai penyandang thalassemia. Jumlah ini akan terus meningkat karena thalassemia merupakan salah satu jenis penyakit genetika yang diturunkan. Selain itu, frekuensi pembawa sifat thalassemia di Indonesia cukup tinggi yaitu sekitar 6-10 persen. Artinya setiap 100 orang penduduk Indonesia terdapat 6 – 10 orang pembawa sifat thalassemia. Jika tidak segera diatasi, jumlah penyandang thalassemia akan terus berkembang.

Hingga saat ini belum ditemukan obat untuk penyakit ini. Bahkan tidak ada gejala apapun yang ditimbulkan oleh pembawa sifat thalassemia, sehingga mereka seringkali tidak mengetahui bahwa mereka dapat menurunkan gen thalassemia. Padahal pernikahan antara dua orang pembawa sifat thalassemia berpeluang untuk melahirkan anak dengan thalassemia mayor (25%) pada setiap kehamilannya. Dapat kita bayangkan, bila kondisi ini tidak mendapatkan perhatian maka jumlah penderita thalassemia akan berlipat ganda dalam beberapa waktu mendatang.

Deteksi dini thalassemia sangatlah penting karena pada realitanya thalassemia tidak dapat disembuhkan. Pengobatan dan penanganan yang umumnya berupa transfusi darah hanyalah bersifat mengurangi gejala dan mempertahankan kadar hemoglobin minimal dalam darah. Penampilan sebagian besar individu pembawa sifat thalassemia tidak dapat dibedakan dengan individu normal. Oleh karena itu pemeriksaan awal untuk mengidentifikasi pembawa sifat thalassemia dan mencegah perkawinan diantara sesama pembawa sifat thalassemia merupakan tindakan penanganan yang paling tepat untuk mencegah penyebaran thalassemia. Salah satu cara untuk mengidentifikasi pembawa sifat thalassemia hanyalah melalui pemeriksaan laboratorium.

Peserta yang mengikuti screening thalassemia
Peserta yang mengikuti screening thalassemia

“Prodia sebagai salah satu laboratorium klinik yang peduli akan penyebaran penyakit genetis ini dan salah satu bentuk kepedulian kita adalah secara rutin mengadakan kegiatan CSR bertajuk “Save Life Thalassemia – Adakah Jejak Thalassemia pada Anda? ”Harapannya kita sebagai generasi muda semakin teredukasi akan thalassemia ini dan mencegah terjadinya peningkatan angka kejadian thalassemia di Indonesia’’ Ungkap Reskia Dwi Lestari selaku Marketing Manager Laboratorium Klinik Prodia.

Memasuki era Next Generation Medicine, Lab Klinik Prodia bertransformasi dengan meluncurkan visi baru di tahun 2016: Layanan Kesehatan Terpercaya Menunjang Pengobatan Generasi Baru (Transforming towards Reliable Next Generation Health Care). Demi mencapai visi ini, Prodia mengembangkan berbagai teknologi dan aplikasi baru, antara lain di bidang diagnostik molekuler, Mass Spectrometry, dan teknologi multiplex di laboratorium klinik, dengan didukung oleh sistem validasi metode yang kuat. – dwi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.