Warga Jangrana dan Tritih Lor Mengikuti Sosialisasi Peraturan Pertambangan

JO, Cilacap – Warga masyarakat di Desa Jangrana dan Tritih Lor mengikuti sosialisasi mengenai Regulasi atau Peraturan Pertambangan khususnya mengenai Keselamatan bagi usaha pertambangan yang sejalan dengan Kep Men Pertambangan dan Energi No 555 K/26/MPE/ 1995 tentang Keselamatan dan Kesehatan Kerja Pertambangan Umum. Mereka adalah warga yang berdomisili di sekitar penambangan tanah liat (clay) milik PT Holcim Indonesia Tbk pabrik Cilacap di Tritih Lor Kecamatan Jeruklegi. Sosialisasi ini disampaikan oleh Dinas Bina Marga SDA ESDM Kabupaten Cilacap.

Sos Reg Pertambangan3

Keselamatan dan berbagai peraturan mengenai pertambangan menjadi fokus utama sosialisasi, pemahaman dan dukungan semua pihak termasuk warga merupakan hal yang mutlak diperlukan agar usaha pertambangan tidak menimbulkan dampak yang tidak diinginkan selama penambangan dilakukan. “ keselamatan menjadi prioritas kami , tidak ada kompromi untuk keselamatan, dan kami targetkan ada 225 warga yang akan mengikuti acara ini “ ungkap Deni Nuryandain, Corporate Communication

Sosialisasi Regulasi Pertambangan merupakan amanat yang harus dilaksanakan secara berkala di setiap kegiatan pertambangan termasuk tanah liat milik PT Holcim Indonesia Tbk yang akan digunakan sebagai bahan baku semen. Penambangan tanah liat di Jeruklegi ini telah memiliki Ijin Usaha Penambangan (IUP) sampai tahun 2023 dan Amdal berdasarkan SK Bupati Cilacap No 660.1/18/tahun 2009 tentang Persetujuan Revisi Rencana Pengelolaan Lingkungan (RKL) dan Rencana Pemantauan Lingkungan (RPL). Untuk penambangan Tanah Liat, Holcim memilik Wilayah Ijin Usaha Pertambangan seluas 250 hektar.

Sos Reg Pertambangan 1

Acara yang digelar 2 sesi mengambil tempat di RW VII Karanggandul Jangrana (19/4/2016 ) dan Kantor Area Penambangan di Tritih Lor (21/4/16) dihadiri para tokoh masyarakat , agama,Camat Jeruklegi & Jangrana,Kepala Desa atau Lurah, aparat Kepolisian dan Manager Community Relations.

Disisi lain, berbagai program pengembangan masyarakat terus di gulirkan untuk masyarakat sekitar tambang Tanah Liat seperti Sekolah Alam , pengembangan ekonomi dengan penggemukan sapi, infstruktur pembangunan jembatan dan jalan, TPQ, 2 lapangan sepakbola, air bersih atau MCK , rumah sehat dengan program plesterisasi dan pembinaan olah raga. – ain

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Wordpress Theme wordpress