Puncak HUT ke 50, Korem 074/Warastratama Pamer Alutsista Di TSTJ Solo.

Panser Anoa 6x6 RCWS buatan PT. Pindad (dok. Pindad.com) (800 x 480)

Panser Anoa 6×6 RCWS buatan PT. Pindad (dok. Pindad.com)

JO, Solo – Komando Resort Militer (Korem) 074/Warastratama akan menggelar pameran Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista) di Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ), Sabtu – Minggu (23 – 24/4/2016). Pengunjung TSTJ akan disuguhi Panser Anoa, Panhard, Landing Craft Rubberboat (LCR)/ perahu karet dan sederet kendaraan militer lainnya.

Pameran tersebut merupakan puncak peringatan HUT, ke 50 Korem 074/Warastratama, dengan melibatkan beberapa satuan seperti Kopassus, Brigif, Lanud Adi Sumarmo, dan Denpom. Juga Polresta, Badan SAR Nasional (Basarnas), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Klub Motor Solo, dan Klub American Jeep. Menurut Koordinator Kegiatan, Mayor Inf Didin Nasrudin, saat ditemui Rabu, (20/4/2016) lalu, menjelaskan, dalam pameran tersebut ada sekitar 30 jenis alutsista yang akan di pamerkan.

Berbagai Alutsista akan ditata mulai dekat kandang gajah berjajar ke timur hingga dekat danau buatan. Ragam Alutsista terdiri kendaraan operasional serta berbagai senjata mulai dari senjata ringan sampai sedang. Salah satu peserta dari Landasan Udara (Lanud) Adi Sucipto akan memamerkan simulator radar navigasi.

Ihwal pemilihan lokasi pameran, Didin menjelaskan, sebelumnya, pihaknya sering mengadakan pameran di mall. Ini kali pertama Korem 074 (TNI), memamerkan alutsista di kebun binatang. “Kami ingin memberikan edukasi kepada anak-anak di tempat rekreasi yang lebih merakyat,” jelasnya.

Selain pameran alutsista, lanjutnya, juga ada acara lain berupa penghijauan, kerja bakti, peragaan busana militer dari Polri dan Basarnas, aeromodelling, drum band, dan berbagi kebahagiaan dengan 300 anak difabel dan yatim piatu di Solo serta pengobatan gratis dari Palang Merah Indonesia (PMI) dan Detasemen Kesehatan. Pembukaan acara diawali dengan sepeda santai dari Makorem dan berakhir di TSTJ Jurug.

Kemudian, Didin yang juga menjabat sebagai Kasdim 0735/Surakarta itu menuturkan, kegiatan puncak HUT Korem ke 50 ini bertujuan untuk lebih mendekatkan hubungan antara TNI dengan masyarakat. “ Kami sebagai warga Korem berharap bisa melaksanakan tugas dengan lebih baik dan semakin dekat dengan masyarakat, serta mampu menjaga kondusivitas, dan ikut dalam pemerataan pembangunan,” tuturnya

Terpisah, Direktur Perusahaan Daerah (Perusda) TSTJ Bimo Wahyu Widodo Dasir Santoso, menambahkan, pada Minggu, (24/4/2016) nanti, akan ditampilkan hiburan musik dangdut. Harga tiket masuk, khusus dua hari selama pameran Alutsista naik menjadi Rp15.000 per orang dari biasanya Rp10.000 per orang.

“Targetnya bisa mencapai 5.000 pengunjung per hari. Kami berharap kerjasama ini bisa berkelanjutan,” imbuhnya.

Sebelumnya, rangkaian acara HUT Korem tersebut sudah dimulai beberapa waktu lalu dengan pengecatan sejumlah wahana di Jurug dan penghijauan. Selain itu, ada kerja bakti membersihkan sampah plastik. – nug

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Wordpress Themewordpress
Advertisment ad adsense adlogger