Jalur Sepeda Ontel di Solo Diatur Perwali

JO, Solo – Walikota Solo, Rudi Hadiyatmo berencana menerbitkan Peraturan Walikota (Perwali) tentang penerapkan jalur lambat yang ada di sejumlah jalan protokol di Kota Solo sebagai jalur sepeda. Hal itu dikatakan, Senin, (25/4/2016)

Menurutnya, Perwali tersebut rencananya untuk mengatur penggunaan jalur lambat sebagai jalur khusus sepeda, melarang siswa pergi – pulang ke sekolah naik sepeda motor dengan mewajibkan menggunakan moda transportasi sepeda ontel (kayuh).

Kemudian, Walikota yang familiar dengan kumisnya ini, untuk merealisasikan kebijakan tersebut perlu adanya persiapan infrastruktur, serta dilakukan tahap kajian terlebih dahulu.

Untuk itu, Rudi akan meminta Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika ( Dishubkominfo) agar melakukan kajian. “Nanti sudah ada Perwali terus bingung. Karena itu perlu kajian dulu. Solo ini untuk sarana sepedanya seperti apa, sehingga butuh pendataan dulu,” kata Rudi,

Ditambahkan, kajian tersebut juga diperlukan untuk menghitung jangkauan rata-rata masyarakat saat bersepeda. Sasaran dalam Perwali adalah siswa sekolah sehingga harus dihitung jarak terjauh siswa bersepeda dan jalurnya mana saja.

Menanggapi wacana Perwali tersebut, Kepala Dishubkominfo Solo, Yosca Herman Soedrajad, mengatakan tidak ada masalah, asalkan data mengenai akses jalur lambat di kota Solo valid.
“Bisa saja membuat perwali. Namun harus ada dasarnya terlebih dahulu,katanya.

Selanjutnya, untuk mendukung realisasi wacana penerbitan Perwali tentang penerapan jalur lambat khusus sepeda tersebut, Dishubkominfo akan mendata kembali jumlah jalur lambat yang ada di Kota Solo. “Tidak semua jalan di kota Solo milik pemkot,” pungkas Yosca – nug


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Wordpress Themewordpress
Advertisment ad adsense adlogger