Matahari Project, Proyek Seni Nomaden

JO, Jogja – Matahari Project adalah hasil dari proyek seni nomaden yang diwujudkan sejak 2015 di Indonesia oleh seniman Polandia Alicja Lukasiak dan Grzegorz Drozd. Mereka memutusan untuk meninggalkan negara asal mereka, dimana hal tersebut dipengaruhi oleh kebutuhan mreka untuk melihat budaya tempat mereka tinggal dari kejauhan – Berada pada perspektif yang jauh dimana hanya dengan menjadi “pihak luar” hal tersebut bisa diberikan; dengan mencari inspirasi yang datang dari pengalaman yang tidak tersaring.

Ribuan kilometer kemudian, mereka masih menjajaki struktur alam dan bentuk-bentuk yang masih natural, memperluas pengetahuan mereka dan menemukan sumber inspirasi bagi praktek seni mereka, karya-karya yang lahir dari kontak langsung dengan masyarakat yang mendiami pulau-pulau terpencil. Tujuan mereka sederhana: proses kreatif yang terinspirasi oleh budaya, adat istiadat, kehidupan sehari-hari dari orang-orang di era perubahan global yang me-nyeragamkan perbedaan budaya, terus menumbuhkan model hidup tradisional.

Grzegorz Drozd (b. 1970) berbasis di Warsawa dan Asia Tenggara, Ia telah mendirikan ZOR Foundation bersama Alicja Lukasiak sejak tahun 2003. Seorang seniman multimedia dan pengamat realitas. Untuk menggambar- kannya, Drozd mempekerjakan bahasanya sendiri, membangun situasi yang tidak nyaman dan tak terduga, sering tanpa skrip sama sekali.

Dengan memainkan permainan di mana itu merupakan oposisi dari Konvensi dan Ritual, ia menciptakan seni di luar konvensionalitas. Seorang seniman-manipulator yang menyatakan bahwa “seorang seniman adalah, bagi saya, orang buangan masyarakat dan kriminal.” Seorang penghubung dan pencipta partisipatif, penulis yang karya-karyanya menampilkan emosi pribadinya. Pada tahun 2010, Drozd menyimbolkan ‘meninggalkan’ budaya Barat, mengemudi- kan perjalanan nomaden ke arah yang jauh ke Selatan, dalam pencarian surga yang hilang. Sejak saat itu, ia telah mendiami ‘ruang budaya terbuka.’

Alicja Lukasiak (1975), berbasis di Warsawa dan Asia Tenggara. Ketertarikan Lukasiak adalah alam, dalam konteks ini ia meneliti manusia sebagai spesies yang dominan. Di satu sisi, dia menunjukkan dampak destruktif manusia di planet ini, dan pada saat yang sama berusaha untuk menunjukkan keindahan dan keanekaragaman kehidupan. Baginya, hidup adalah sebuah fenomena misterius, seni kreativitas – bentuk cerita emosional. Dalam karya-karya Lukasiak, fauna dan flora dihadirkan secara personifikasi. Sebagai akibatnya, serangga dan tumbuhan dikendalikan oleh hukum yang memaksakan mereka oleh bentuk kehidupan superior – manusia. – ian

MATAHARI
Project oleh Alicja Lukasiak & Grzegors Dorzd
Kersan Art Studio
Jl.AS.Samawaat no 154 Ds II Kersan
Tirtonirmolo Kasihan Bantul
25.05.2016 – 25.06.2016
Opening: Rabu, 25.05.2016,19.00 WIB

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Wordpress Themewordpress
Advertisment ad adsense adlogger