SBC Promo Mustika Jawa Dwipa di Cirebon

The Caruban Carnival merupakan bagian dari Festival Cirebon 2016

JO, Cirebon – Solo Batik Carnival (SBC) tampil pada agenda tahunan Kabupaten Cirebon, The Caruban Carnival 2016, diundang oleh Dinas Pariwisata Kota Cirebon untuk hadir dalam opening ceremony acara tersebut dalam Gala Dinner di Pendapa Kabupaten Cirebon. Secara resmi acara dibuka Bupati Cirebon Drs. H. Sunjaya Purwadisastra, MM., M.Si. Sabtu (21/5/2016) mulai jam 19.00 WIB. Selain dari SBC juga dihadiri oleh Kepala Dinas Kabupaten Cirebon, Duta Besar Malaysia, Travel Agency dan Arhanudze (TNI).

Pemkab Cirebon menggelar The Caruban Carnival 2016 bertema The Imagine of Mask, Minggu (22/5/2016). Performing Art di event tersebut SBC menampilkan 15 talent, 4 diantaranya kostum prototype SBC IX. Tampil bersama 150 peserta terdiri dari pelajar SMA se-Kabupaten Cirebon dan mahasiswa. Adapula masyarakat umum, baik pelaku fashion maupun pelaku usaha pariwisata.

Tim Solo Batik Carnival saat menginjakkan  kaki di Cirebon. Sabtu (21/5/2016)

Tim Solo Batik Carnival saat menginjakkan kaki di Cirebon. Sabtu (21/5/2016)

“SBC mengangkat kemegahan dan keagungan batik yang dikemas dalam kolaborasi seni, fashion, tari dan musik bertujuan untuk semakin menguatkan bran Solo serta memperkenalkan batik Indonesia kepada dunia, melalui even karnaval,” terang Ketua SBC, Ian Prasetyo

Dalam penampilannya, lanjut Ian, SBC sekaligus juga mempromosikan event Solo Batik Carnival 9 yang akan dilaksanakan pada tanggal 22 – 24 Juli 2016 mendatang yang mengambil tema “Mustika Jawa Dwipa” dengan 4 defile yaitu Keris, Gamelan, Lampu dan Candi.

Dalam karnaval yang akan berlangsung di Jalan Tujuh Pahlawn Revolusi (Tuparev) pada siang hingga sore hari Minggu (22/5/2016) tersebut, para peserta akan mengenakan kostum unik dengan tema topeng yang merupakan salah satu kesenian khas Cirebon. Menempuh rute sejauh 2 kilometer dari Ruko Cirebon Bisnis Center sampai finish di Hotel Patrajasa.

Lima topeng yang selama ini dikenal. Yakni Panji yang akan ditemakan (The Imagine of Panji), Samba (The Imagine of Samba), Rumyang, Tumenggung, dan Kelana. Yang memiliki makna filosofis yang mengacu pada sifat-sifat manusia tampil di karnaval tahun ini.

Dresscodw Batik tetap menjadi identitas yang dikenakan oleh Tim Solo Batik Carnival

Dresscode Batik tetap menjadi identitas yang dikenakan oleh Tim Solo Batik Carnival

“Tema The Imagine of Mask memang dimaksudkan untuk menguatkan peran tari topeng Cirebon dalam khazanah kepariwisataan,” kata Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kabupaten Cirebon, Hartono.

The Caruban Carnival itu merupakan bagian dari Festival Cirebon 2016. Karenanya, dalam kesempatan itu juga digelar kirab budaya dan pameran kepariwisataan. – nya


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Wordpress Themewordpress
Advertisment ad adsense adlogger