Peserta Luar Kota Ikuti Job Fair Unisri Solo

Job Fair

JO, Solo – Gelaran job fair yang digelar Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta di Palur Plasa Karanganyar, Selasa (24/5/2016), ternyata banyak pencari kerja yang datang bukanlah para pencari kerja baru, fresh graduade dari perguruan tinggi atau SMA/SMK. Mereka yang sudah bekerja pun juga ikut-ikutan berburu.

Menurut Wakil Rektor III Unisri Sutoyo, ada beberapa alasan, mengapa orang yang sudah bekerja di tempat mapan masih mencari pekerjaan. Bisa jadi selama ini mereka tidak cocok lagi di tempat kerja semula. Baik karena alasan gaji, atau suasana kerja, sehingga membuatnya tidak betah lagi.

“Beragam fenomena yang muncul dalam job fair yang digelar dua hari, 24-25 Mei itu, tidak hanya pencari kerja yang bukan pengangguran, tapi juga yang tempat tinggalnya jauh dari Solo,” papar Sutoyo, usai membuka job fair.

Sehingga mereka harus berangkat sehari sebelumnya untuk bisa mengikuti job fair ini. Dia merasa harus berangkat lebih awal karena tempat tinggalnya jauh, di Purworejo.

“Rumah saya di Purworejo, jadi harus berangkat lebih awal ke Solo agar tidak ketinggalan,” kata alumni Universitas Sebelas Maret (UNS) itu di sela-sela job fair.

Tidak hanya Wuri yang berangkat awal hingga harus menginap di rumah temannya, tapi banyak pemburu kerja yang juga datang awal karena rumahnya cukup jauh. “Jauh-jauh dari Wonogiri, hari ini saya memang mengkhususkan diri untuk mencari kerja di job fair,” kata Rizal, lulusan Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadyah Surakarta (UMS).

Ketua panitua job fair Unisri Sarafuddin mengatakan, job fair merupakan keharusan bagi perguruan tinggi, untuk membukakan akses kesempatan kerja bagi para lulusannya. Menurut dia, tugas dan tanggung jawab perguruan tinggi itu tidak hanya menerima mahasiswa baru dan mendidiknya lulus, tapi juga membukakan akses kesempatan kerja bagi mereka.

“Job fair ini salah satu upaya Unisri untuk membukakan akses pekerjaan bagi para lulusannya, selain lembaga pusat karir yang kami kelola. Kami juga melakukan pendataan dan komunikasi dengan para alumni, sejauh mana sudah mendapatkan pekerjaan,” katanya. – dod


Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Wordpress Themewordpress
Advertisment ad adsense adlogger