Mahasiswa Uniba Gelar Seminar Akbar Wirausaha

JO, Solo – Bertempat di ruang Sidoluhur, Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Manajemen dan Akuntansi Universitas Batik (Uniba) Surakarta, Rabu (25/5) menggelar seminar akbar kewirausahaan mengangkat tema “Built The Spirit of Entrepeneur “, menampilkan pembicara owner Susu She Jack, Joko Surasno, SE dan owner Amalia Consulting, Drs. Suharno, MM, Akuntan.

Seminar dihadiri 150 peserta, dibuka Wakil Dekan Fakultas Ekonomi Uniba, Dra. Eni Sutiyah, MM. Dalam sambutannya sangat mengapresiasi kegiatan para mahasiswa, karena sejalan dan mendukung visi dan misi Uniba yang memiliki slogan sebagai “ Kampus Entrepreneur “.

Selanjutnya, Eni, mengharapkan seminar ditindaklanjuti diwujudkan dalam bentuk tindakan nyata. Mahasiswa harus berani merintis berwirausaha sejak masih di bangku kuliah. Bagi yang sudah memiliki usaha dengan mengikuti seminar diharapkan usahanya dapat lebih maju dan berkembang.

Sementara itu, owner kedai Susu She Jacak, Joko Surasno, SE yang lebih akrab dipanggil pak Jack, memaparkan kiat-kiat dan strategi berwirausaha.

“ Modal utama menjadi wirausaha, bukan semata-mata uang, namun yang utama justru mentalitas. Harus berani memulai dan konsisten menjalankan usaha. Jangan obor-obor blarak. Saat awal membuka usaha masih sepi, belum banyak pembeli jangan cepat putus asa. Lalu memutuskan menutup usaha. Teruslah bertahan, terus perbaiki apa kekurangannya. Jadi pengusaha harus bekerja keras, tidak malu menjalankan usaha. Di samping itu harus kreatif, dan bagus dalam memberikan pelayanan kepada siapapun, jangan pandang bulu “ paparnya membakar semangat peserta seminar.

Pembicara kedua, Suharno, selaku owner Amalia Consulting, yang bergerak pada bidang jasa pelatihan motivasi, manajemen, akuntansi, public relations dan pemberdayaan SDM, mengungkapkan peluang usaha Indonesia sangat terbuka lebar.

“Kami sepakat dengan pak Jack, modal utama menjadi wirausaha bukan uang, namun kerja keras, kerja cerdas dan kerja waras. Uang bukan segala-galanya, yang penting DUIT, yaitu doa, usaha, ikhtiar dan tawakal “ paparnya.

Lebih lanjut, Suharno, mengajak para mahasiswa agar menjadikan profesi wirausaha sebagai pilihan hidup. Sebab dalam pandangan agama, wirausahawan sejajar dengan para mujahid, yaitu orang yang berjuang di jalan Allah.

“Kedudukan wirausahawan yang jujur, setingkat para Nabi dan para mujahid, karena wirausahawan akan mampu memerdekakan dirinya sendiri, terhindar dari sifat meminta-minta, dan keberadaannya mampu membawa manfaat bagi orang banyak, sudah sepantasnya bila ditempatkan pada surga Allah yang tertinggi “ ungkapnya.

Penyampaikan kedua pemateri sangat atraktif, interaktif dan komunikatif membuat peserta betah mengikuti hingga acara selesai sekitar pukul empat sore. – arn


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Wordpress Themewordpress
Advertisment ad adsense adlogger