Pecas Ndahe Main Ketoprak

Berkolaborasi  dengan Ketoprak Seniman Muda Surakarta  Pentaskan Padepokan Segawe Galau

JO, Solo – Ketoprak Seniman Muda Surakarta (KSMS), bertempat di Gedung Kesenian Taman Balekambang, Sabtu (28/5) akan berkolaborasi dengan Orkes Humor Pecas Ndahe. Pentas dimulai pukul 20.00, mengangkat lakon kisah kontemporer “ Padepokan Segawe Galau “.

Koordinator KSMS, Tatak Prihantoro, menjelaskan, pentas tetap dengan konsep ketoprak klasik, namun akan dikolaborasikan dengan group musik humor Pecas Ndahe.

“Kami ingin membuktikan ketoprak itu pertunjukkan rakyat yang fleksibel, nut jaman kelakone. Bisa untuk semua lapisan dan kalangan masyarakat, dari anak-anak, remaja, dewasa hingga orang tua. Kami ingin menghapus stigma ketoprak hanya untuk kalangan tua saja “ ungkap Tatak.

Lebih lanjut, Tatak, menjelaskan pentas akan disutradarai, sutradara muda KSMS, Dwi Mustanto, sekaligus sebagai sarana estafet dan regenerasi, agar anak-anak generasi ketiga dalam KSMS bisa eksis dan bisa melanjutkan keberlangsungan seni ketoprak.

Sutradara KSMS, Dwi Mustatanto, menjelaskan lakon yang diangkat memang bukan kisah klasik atau kisah babad, namun merupakan kisah carangan. Disesuaikan dengan kondisi kekinian, berlatar belakang krisis finansial di Kadipaten Nusa Rukmi menggiring sang adipati harus membubarkan Padepokan Segawe.

Keputusan ini membuat para kawula padepokan galau, karena Padepokan Segawe merupakan sawah ladang mereka dalam mencari nafkah. Mereka menunggu keputusan dari adipati, kemana padepokan akan direlokasi.

Ditengah-tengah kegalau, berubah menjadi kegaduhan, dan kekacauan politik, setelah muncul provokator. Si Doel memprovokasi kawula dan punggawa agar melakukan perlawanan terhadap adipati. Terjadilah bentrok fisik antara kedua pihak. Masa depan Nusa Rukmi pun diujung tanduk. Bagaimana kisah selanjutnya ? Kami tunggu kehadirannya di Taman Balekambang. – arn

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Wordpress Themewordpress
Advertisment ad adsense adlogger