Lorin Kembali Gelar Safari Dhalang Ramadhan

JO, Karanganyar – Dalam rangka menyemarakkan Bulan Ramadhan 1437 H sekaligus memberikan hiburan gratis kepada masyarakat umum, Lorin Solo Hotel dan Syariah Hotel Solo bekerjasama dengan PADHASUKA (Paguyuban Dhalang Surakarta) kembali menggelar agenda sarana dakwah islami dan pelestarian budaya Jawa berupa Safari Dhalang Ramadhan. Safari Dhalang Ramadhan merupakan pertunjukan wayang kulit semalam suntuk yang dilakukan secara marathon oleh beberapa dalang terkenal, pada kesempatan kali ini akan di gelar pada hari Sabtu, 18 Juni 2016 pukul 21.00 wib di Halaman Parkir Timur, Lorin Solo Hotel.

Gelaran wayang kulit kali ini telah menginjak kali keenam digelar. Pertujukan ini merupakan program Corporate Social Responsibility (CSR) yang rutin dilaksanakan setiap tahun di bulan Ramadhan dengan memberikan hiburan kepada masyarakat umum yang bertujuan sebagai sarana dakwah islami pada Bulan Ramadhan yang penuh rahmat ini dan sekaligus untuk melestarikan kebudayaan Jawa terutama dalam dunia pewayangan. Pada tanggal 7 November 2003 lalu UNESCO telah menetapkan wayang sebagai warisan budaya dunia yang berasal dari Indonesia sebagai World Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity.

Selain itu, acara ini juga untuk memberikan apresiasi kepada pelestari budaya, baik bagi dalang, sinden, niyaga maupun para penggemar wayang kulit. Pada pertunjukan Safari Dhalang Ramadhan kali ini, mengambil lakon ”Bima Suci” yang mengisahkan tentang perjalanan bathin orang Jawa dalam pencarian Tuhan. Dalam cerita ini mengisahkan tentang proses petualangan Bima dalam pencarian jati diri dalam mencari tirta pawitra atau “Sangkan Paraning Dumadi” (permenungan mendalam tentang asal dan tujuan hidup manusia ). Diharapkan semoga dalam penyelenggaraan kegiatan tersebut dapat memberi inspirasi kepada masyarakat dari pesan yang terkandung dalam seni pertunjukan wayang kulit. – iva

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Wordpress Theme
wordpress