UMKM Bangkrut Bukan Faktor Modal

suharno

JO, Solo – Dari hasil survey membuktikan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) mengalami kebangkrutan bukan karena faktor permodalan. Rangking pertama penyebab UMKM bangkrut karena tidak menguasai strategi dan tehnik pemasaran. Rangking kedua, karena tidak menguasai aspek manajerial dan rangking ketiga barulah permodalan.

Padahal banyak cara untuk bisa melakukan pemasaran maupun promosi secara efisien dan efektif. Diantaranya melalui media cetak, media elektronik, maupun media sosial. Sayang media yang relatif gratis ini, malah sering tidak dimanfaatkan oleh pelaku UMKM.

Menurut hemat kami, karena selama ini banyak pelaku UMKM yang belum paham seluk beluk memanfaatkan dan menjalin hubungan dengan pihak media.

Berdasarkan hal itulah guna membantu pelaku UMKM agar usaha bisa berkembang dalam menghadapi persaingan yang makin kompetitif, Amalia Consulting bekerjasama dengan Bakso Tengkleng Karangpandan, Minggu (19/6), bertempat di Bakso Tengkleng Karangpandan, yang berlokasi disebelah timur Rumah Dinas Bupati Karanganyar, akan menyelenggarakan pelatihan strategi pemasaran via media.

Pelatihan menghadirkan narasumber, Direktur Amalia Consulting, Drs. Suharno, MM, Akuntan, mengangkat tema: Cara Jitu Promo Gratis via Media. Materi yang akan disampaikan diantaranya strategi mendapatkan liputan gratis dari media cetak dan elektronik, trik jitu membuat realese di media, strategi memadukan marketing dan publik relations dan trik pemasaran via MEDSOS.

Pelatihan terbuka untuk UMKM dan masyarakat umum. Yang ingin bergabung, silahkan bisa menghubungi Bakso Tengkleng Karangpandan Jl. Lawu no 47 Karanganyar , Timur Rumah Dinas Bupati Karanganyar, atau menghubungi via telpon di 087700100050. – arn

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Wordpress Themewordpress
Advertisment ad adsense adlogger