SIPI Perempuan (PKK) dan Perdamaian Kota

IMG_20160531_125207_HDR

JO, Solo – LPLAG (Lembaga Perdamaian Lintas Agama dan Golongan) di Surakarta telah berkarya lebih dari 10 tahun. LPLAG bervokus pada pengembangan nilai-nilai perdamaian secara kontekstual dan pengembangan sumber daya manusia dan jaringan untuk pembangunan Solo sebagai kota perdamaian.

“Keberadaan dan dampaknya telah dirasakan baik oleh pemerintah daerah maupun berbagai tokoh agama dan masyarakat di kota solo,” kata Ketua LPLAG Surakarta, Drs. H.M. Dian Nafi’, M.Pd.

Keluarga adalah bagian kelompok masyarakat yang sangat penting dalam menanamkan nilai-nilai perdamaian, lanjut Dian Nafi’. Perempuan/ibu memiliki pengaruh besar dalam komunikasi dengan anak-anaknya. Termasuk didalamnya transfomasi nilai-nilai perdamaian pada anak. Mengingat pergerakan radikalisme yang juga tidak lepas dalam usaha penjaringan pada anak-anak remaja dan pemuda maka keluarga menjadi benteng yang strategis dalam usaha deradikalisme kota.

‘Program SIPI (Solo Interfaith Peace Institute) adalah wadah yang bersifat informal untuk kelompok masyarakat di kota Solo dapat bersama-sama berdialog, interaksi dan transformasi dalam peranan pembangunan perdamaian kota Solo,” tambah Paulus Hartono M.Min, selaku pelaksana kegiatan.

Terkait dengan hal tersebut diatas maka dipandang penting untuk LPLAG memberikan perhatian dan ruang pada kelompok perempuan yang tergabung dalam wadah PKK baik tingkat kota, kecamatan dan kelurahan. Supaya dapat berinteraksi, dialog dan transformasi dalam keterlibatan pembangunan perdamaian masyarakat kota Solo.

Tujuannya Komunikasi dan interaksi kelompok perempuan PKK dan tokoh agama dan masyarakat. Dialog dalam peranan perempuan (PKK) dalam pembangunan perdamaian kota. Transformasi konflik. Kurikulum sederhana untuk perdamaian di keluarga

“Sasarannya Jaringan pengurus PKK Kota, bekerjasama dengan Jaringan PKK Kecamatan Banjarsari, Kecamatan Jebres dan Kecamatan Laweyan,” pungkas Adi Setyawan. – ian

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Wordpress Themewordpress
Advertisment ad adsense adlogger