Syafii Efendi Dorong Wirausaha Muda

JO, Sukoharjo  – Motivator muda nasional Syafii Efendi mengatakan bahwa saat ini masih banyak pemuda yang terjebak dalam mitos-mitos atau kebiasaan-kebiasaan yang nanti akan menghambat masa depannya sendiri. Misalnya lulus jadi sarjana baru mencari kerja, penguasaan ilmu yang hebat itu di bidang eksakta (IPA dan sejenisnya), juga mengikuti pekerjaan yang menjadi trend.

“Masih banyak kaum muda yang terjebak dalam mitos-mitos yang tanpa disadari bisa menghambat masa depannya. Jadi sarjana dulu nanti baru kerja dan dapat uang, melihat pekerjaan orang lain yang terlihat berlimpah uang maka bila kita ikut kerja seperti mereka kita juga bisa kaya. Dan banyak contoh lain, harusnya itu mulai dipatahkan. Ambil peluang secepat mungkin, peka pada lingkungan karena kalau kita mau semua bisa jadi bisnis,” kata Syafii Efendi saat memberikan motovasi pada sekitar 400 mahasiswa se Solo Raya dalam seminar motivasi yang digelar di aula FEB UMS, Minggu (19/6) kemarin.

Syafii mengatakan bahwa sudah banyak contoh wirausaha muda yang berhasil tanpa melalui pendidikan formal. Juga wirausaha yang sukses dengan kerja konsistennya pada sebuah bidang.

“Syaratnya harus peka pada lingkungan dan trend sekitar. Misalnya bisnis londre, bisnis cukur rambut, bisnis pulsa, itu hal yang mudah, hanya butuh dorongan semangat dan keseriusan saja kan,” ungkap Syafii.

Ketua panitia seminar motivasi, Slamet mengatakan pihaknya sudah menginggahi sejumlah kota di Jawa Tengah untuk menggelar seminar motivasi wirausaha muda ini. Dan responnya sangat bagus, banyak pemuda yang tergerak ikut dan kemudian bergerak memulai wirausahanya.

“Kami menyampaikan motivasi ini ke seluruh pemuda di seluruh Indonesia. Jangan sampai mereka tersingkirkan hanya karena kurangnya atau terlewatnya kesempatan saja. Apalagi nanti ada MEA, harus lebih digap,” tandas Slamet. – jia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Wordpress Themewordpress
Advertisment ad adsense adlogger