1.111 Macaroons Miniatur Masjid di The Alana Hotel

JO, Karanganyar – The Alana Hotel & Convention Center – Solo tak terasa sudah hampir memasuki usia pertama. Resmi dibuka pada bulan ramadhan tahun lalu, ramadhan tahun ini pun terasa istimewa karena bertepatan dengan ulang tahun pertama The Alana Hotel Solo.

Ingin menghadirkan sesuatu yang unik dan bermakna, Ramadhan kali ini terasa berbeda karena Anda akan mendapati sebuah miniatur masjid bertempat persis di tengah lobi hotel (centerpiece). Yang menjadikannya unik, miniatur masjid tersebut jika dilihat lebih dekat ternyata terbuat dari susunan-susunan kue macaroons yang berwarna-warni. Ya, macaroons yang merupakan produk dari Venice Patisserie tersebut disusun sedemikian rupa hingga membentuk sebuah miniatur masjid.

Hmm, mengapa macaroons? Biasanya Ramadhan identik dengan kurma atau jenis makanan Timur Tengah lainnya, lalu mengapa dipilih macaroons sebagai ikon Ramadhan dari The Alana Hotel & Convention Center – Solo tahun ini yang notabene berasal dari Prancis dan bukan dari negara Timur Tengah?

Jawabannya cukup sederhana, pertama, karena macaroon merupakan kue yang manis dan ringan yang sangat cocok disantap pada waktu berbuka puasa. Kedua, bahan untuk membuat macaroon yang cukup sederhana, yaitu tepung almond, icing sugar, gula pasir, dan telur, mencerminkan kesederhanaan yang mestinya dikedepankan pada bulan Ramadhan, tidak justru memewahkan bulan istimewa ini tetapi menyederhanakan diri.

IMG_3307

Ketiga, proses pembuatan macaroons yang mudah akan tetapi membutuhkan kesabaran karena harus mendiamkan adonan yang telah terbentuk selama 4 hingga 5 jam pada suhu ruangan sebelum dapat dipanggang, mencerminkan kesabaran ekstra yang harus dimiliki oleh orang-orang yang berpuasa. Keempat, warna dari macaroons dapat ditentukan oleh si pembuatnya sehingga tampak apik bila disusun bersisihan, seperti halnya orang yang berpuasa juga diberikan wewenang dalam beramal dan berbuat baik dan warna-warni perbedaan mengajarkan untuk dapat membesarkan hati dalam bertoleransi dan menerima perbedaan dalam hidup.

“Pembuatan miniatur masjid macaroons yang berukuran 20 m2 itu sendiri memakan waktu lebih dari 3 (tiga) minggu, mulai dari pembuatan rangka hingga proses penyusunan 1.111 buah macaroons. Menghabiskan lebih dari 20 kilogram tepung, gula, telur, dan icing sugar,” ujar Pian Gunawan, Executive Chef The Alana Hotel & Convention Center – Solo.

Pemilihan angka 1.111 dalam pembuatan miniatur masjid macaroons tersebut disesuaikan dengan menjelang ulang tahun pertama dari The Alana Hotel & Convention Center – Solo pada 29 Juni mendatang. Angka 1 yang berjajar sebanyak 4 buah tersebut melambangkan pilar yang harus ada pada sebuah bangunan yang menjadikan bangunan tersebut menjadi lebih kokoh.

“Diharapkan tahun pertama ini akan menjadi titik awal yang kokoh untuk perjalanan The Alana Hotel & Convention Center – Solo pada tahun-tahun mendatang,” tutup Sistho A SRESHTHO, General Manager The Alana Hotel & Convention Center – Solo. – kei

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Wordpress Theme
wordpress