Danrem Tinjau Jembabatan Sesek Tanjung Yang Hanyut

Danrem didampingi Dandim dan sejumlah pejabat meninjau jembatan sesek Tanjung yang hanyut.
JO, Sukoharjo  – Danrem 074/Warastratama Surakarta Kolonel Inf Maruli Simanjuntak meninjau jembatan sesek yang berada di Desa Tanjung Kecamatan Nguter, yang hanyut diterjang aliran Sungai Bengawan Solo pekan kemarin. Sidak Danrem tersebut sangat mendadak, dengan mengendarai trail tanpa penawalan. Kemudian secara spontan meminta diatar meninjau sejumlah fasilitas umum yang rusak akibat banjir kemarin. Salah satunya meninjau jembatan sesek di desa Tanjung Nguter.

“Kegiatan ini spontan saja, kami mau melihat fasilitas umum yang rusak pasca banjir kemarin,” ungkap Kolonel Inf Maruli.

Kedatangan Danrem yang didampingi Kasdim Mayor Inf Nunung Wayu Nugroho, diterima oleh Camat Nguter Setyo Aji Nugrogo, Muspika dan perangkat desa setempat. Mereka langsung meninjau lokasi jembatan.

Diketahui jembatan sesek tersebut terbuat dari bambu yang hanya diikat dan dipancang di kedua sisinya, patah dan hanyut, hingga tidak bisa digunakan lagi. Terpaksa warga harus melanbung ke jembatan lain seperti brangkal dan banmati untuk menyeberang.

Dijelaskan oleh Camat Nguter, jembatan tersebut menjadi fasilitas vital bagi masyarakat Tanjung. Karena menjadi akses utama perekonomian dan pendidikan bagi 4 RT dari 2 RW atau sekitar 200 kk. Selain itu penghubung bagi warga Tanjung dengan desa Lengking kecamatan Bulu.

“Jembatan sesek ini urat nadi perekonomian warga Desa Tanjung kecamatan Nguter dan Desa Lengking Kecamatan Bulu. Yang jadi masalah tiap musim hujan jembatan selalu jebol akibat diterjang aliran Sungai Bengawan Solo seperti yang kita lihat sekarang . Kalau sudah begitu penduduk harus menggunakan perahu satang (perahu dengan dayung bambu) untuk menyeberang atau harus melambung hingga puluhan kilometer.” Ungkap Setyo Aji, Camat Nguter.

Warga berharap pemerintah segera membuatkan jembatan permanen, hingga tidak lagi menggunakan jembatan sesek tersebut. diketahui setiap banjir atau sungai meluap jembatan selalu hanyut. Apalagi pekan kemarin sebelum banjir, diketahui ada seorang warga yang tewas hanyut kesungai akibat terpeleset. – jia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Wordpress Themewordpress
Advertisment ad adsense adlogger