Nunggak Bayar Iuran, Kepesertaan BPJS Kesehatan Dinonaktifkan

ian-1

Kepala Kantor Cabang Utama BPJS Kesehatan Surakarta, Bimantoro (tengah), Kepala Dinas Kesehatan Surakarta, Siti Wahyuningsih (dua dari kiri), bersama sejumlah direktur rumah sakit swasta memberikan keterangan kepada wartawan terakit pelayanan BPJS Kesehatan menjelang Lebaran 2016 di Hotel Dana Solo, Rabu (29/6/2016).

Hingga saat ini di wilayah kerja BPJS Surakarta total tunggakan iuran mencapai Rp 20 miliar. Mayoritas tunggakan berasal dari peserta perorangan

JO, Solo – BPJS Kesehatan akan memberlakukan peraturan baru pada 1 Juli 2016 mengenai peserta yang menunggak bayar iuran dan denda bagi peserta yang berlaku di BPJS Kesehatan, yang sebelumnya diketahui bahwa status dinonaktifkan jika terlambat 3 bulan dan dikenakan denda 2% per bulan.

Kepala Kantor Cabang Utama BPJS Kesehatan Surakarta, Bimantoro menyatakan, kalau perubahan ketentuan mengenai pemberhentian sementara penjaminan peserta dan pengenaan denda itu sesuai dengan Peraturan Presiden No. 19/2016 tentang Perubahan Kedua Atas Perpres 12/2013 tentang Jaminan Kesehatan. Pembayaran iuran lebih dari satu bulan sejak tanggal 10 kini tidak lagi dikenai denda 2%, melainkan penjaminan dinonaktifkan.

“Ketentuan yang dulu, jika peserta yang terlambat diberi waktu hingga enam bulan kepesertaan baru dinonaktifkan. Sekarang telat sebulan langsung nonaktif artinya tidak mendapatkan pelayanan.” urainya saat konferensi pers Mudik Nyaman Bersama BPJS Kesehatan di Hotel Dana Solo, Rabu (29/6/2016).

Kepesertaan peserta baru aktif setelah melunasi tunggakan, dan pengaktifan kembali juga baru bisa dilakukan setelah peserta membayar denda sebesar 2,5% dari total biaya pelayanan kesehatan dikali bulan tertunggak yakni maksimal 12 bulan atau maksimal Rp 30 juta.

“BPJS tidak akan mempersulit. Bila yang bersangkutan sakit dan membutuhkan rawat inap, lunasi dulu tunggakan itu dan membayar denda,” ujar Bimantoro. – ian


Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Wordpress Themewordpress
Advertisment ad adsense adlogger