Sambut Pemudik Seniman Muda Pentaskan Cinta Segitiga

1. Rara Hoyi

JO, Solo – Dalam rangka menyambut pemudik yang pulang kampung, Ketoprak Seniman Muda Surakarta (KSMS), Sabtu (2/7) pukul 20.30 WIB, bertempat di Gedung Kesenian Taman Balekambang akan pentaskan lakon spesial “ Roro Hoyi, Geger Metaram”.

Koordinator KSMS, Tatak Prihantoro, mengungkapkan lakon Roro Hoyi, memang khusus dipersiapkan menyambut pemudik lebaran.

“Lakon ini jarang dipentaskan, menjelang lebaran sengaja kita persiapkan untuk menghibur dan mengobati rindu para penggemar ketoprak yang berada di luar kota, yang tengah mudik di kota Solo. Untuk tidak mengecewakan penggemar ketoprak, pentas digarap secara klasik, di sutradarai pemain senior KSMS, Eko Sutarno “ papar Tatak.

Lebih lanjut, Tatak, menjelaskan walau dipersiapkan khusus sambut lebaran, dan didukung seluruh pemain yunior dan senior KSMS, harga tiket tidak dinaikkan, HTM tetap Rp 10 ribu.

Sutradara KSMS, Eko Sutarno, mengatakan siap mensutradarai lakon Rara Hoyi dengan garap klasik. Pakem ketoprak gaya Mataram akan digunakan sebagai acuan pentas.

“Rara Hoyi, tegolong lakon blangkon. Artinya penonton fanatik sudah hafal alur ceritanya. Tetapi pentas nanti akan kami berikan sentuhan berbeda. Dramartugi kita garap dengan pendekatan modern. Layaknya kisah sinetron. Intrik dan konflik kisah segitiga antara Sultan Amangkurat dan putranya Tedjaningrat dalam memperebutkan Rara Hoyi yang berakhir tragis, akan kami garap lebih humanis “ jelas Eko. – arn


Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Wordpress Themewordpress
Advertisment ad adsense adlogger