Kedung Kenthus,Green Canyon Mini di Ponorogo

JO, Ponorogo – Destinasi wisata baru di kabupaten Ponorogo, bergeser keutara Ponorogo-Wonogiri sedikit dan masih diKecamatan Sampung. Destinasi wisata yang akhir-akhir ini ramai di sosmed yakni sebuah Kedung atau lubuk sebuah sungai yang melintasi Desa Jenangan Kecamatan Sampung.

Bermula dari Pemuda setempat yang memotret Kedung itu dan memosting di Sosmed yang dalam hal ini Instagram kedung itu sekarang ramai di kunjungi para kawula muda dan bahkan dari kalangan anak-anak maupun orang dewasa.

SND_9610

Yah, tempat tersebut terkenal dengan nama Kedung Kenthus, berada disebuah sungai yang sumber airnya berasal dari sumber Nggemblung di Desa Pohijo dimana sepanjang tahun sumber itu tidak mengalami kekeringan.

Kedung Kenthus memiliki keunikan dari tebing kiri kanannya yang menyerupai Green Canyon di Amerika, dari atas kita bisa melihat lebar kedung cuma sekitar 1-2 meter tapi didalam sangat lebar sehingga menyerupai gentong.

SND_9626

Air di Kedung Kenthus juga sangat jernih apalagi di musim kemarau seperti begini terlihat jernih kehijau-hijauan dengan tebing kiri kanan yang nampak coklat kekuningan. Tidak afdol rasanya kalau ditempat ini tidak mandi, karena kita bisa menyusuri bagian terindah kedung ini dari dalam, apalagi sekarang ini pemuda setempat sudah menyediakan tempat ganti baju dan menyediakan ban pelampung dan sekarang sudah disediakan tempat parkir juga.

Pemandangan disekitar Kedung Kenthus juga indah, dimana sambil jalan kaki kita bisa menikmati hamparan sawah yang tiada henti di tanami padi, dan sebelah selatan berdiri megah bukit Seketing dan bukit Sewakul yang menambah nyaman mata kita.

Kedung kenthusC

Kalau kita mempunyai stamina prima kita bisa mendaki kedua bukit itu dan mengabadikan pemandangan dari atas. Rute Kedung Kentus, kalau kita dari timur Ponorogo, Sumoroto kita langsung saja menuju kecamatan Sampung, sampai pertigaan kita belok kiri arah desa Jenangan, setelah sampai PRJ (PeRempatan Jenangan) kita lihat saja situ sudah ada penunjuk jalan kita ikuti saja penunjuk itu sampai tujuan, jika dari arah barat atau Jawa Tengah kita langsung saja ke Puhpelem dan ambil jalan ketimur sampai PRJ.

SND_9651Wisata Air Alami Ponorogo
Terletak di Desa Jenangan Kecamatan Sampung Kabupaten Ponorogo, sebuah tempat di pinggiran pegunungan dengan sumber air yang tidak pernah kering walaupun di musim panas.

30 menit dari pusat kota Ponorogo ke arah Kecamatan Sumoroto lanjut arah Kecamatan Sampung yang terkenal dengan tambang gamping atau kapurnya. Juga terdapat situs bersejarah Goa Lowo yang sudah terkenal.

Terdapat aliran sungai unik dari atas keliatan sempit padahal di bawahnya luas mirip seperti gentong yang panjangnya kurang lebih 20 meter, dengan warna air ke hijauan membuat kesan sejuk dan asri, dinding batu yang tidak beraturan berwarna abu abu kekuningan serasa kita berada di luar negeri.

Anda akan terperangah melihat keindahannya, jangan lupa mengabadikan lewat kamera slr atau smartphone plus keahlian berenang sangat dibutuhkan karena di beberapa bagian ketinggian air bisa sampai melebihi orang dewasa.

Untuk mencapai Kedung Kenthus butuh sedikit kesabaran kami beberapa kali harus bertanya di penduduk sekitar.

Akses menuju ke lokasi sangat bagus kendaraan roda 4 bisa melewatinya, walaupun beberapa meter menuju lokasi hanya bisa ditempuh oleh kendaraan roda 2 atau jalan kaki.

Suasana pedesaan sangat kental di setiap sudut jalan, persawahan, rumah kayu khas Ponorogo menghiasai sekelilingnya.

SND_9646

Tempat ini di perkenalkan oleh beberapa pemuda yang peduli dengan desanya, mereka memulainya dengan mengungah beberapa foto ke media sosial.

Menurut Mereka sedikit demi sedikit akan manambah fasilitas seperti tempat parkir, permainan air (pelampung) tempat gantai pakaian, restoran ala desa mereka sampai sarana ber istirahat bagi pengunjung.

Terbukti akhir-akhir ini banyak sekali muda mudi yang mencari tempat tersebut, mulai dari Ponorogo, Madiun, Kediri sampai Surabaya dan Jakarta.

Walau fasilitas masih belum komplit tempat ini bisa jadi tujuan yang keren dan layak untuk dikunjungi terutama mereka yg menyukai wisata adventure dan tidak mainstream tetap berhati hati dan jangan buang sampah sembarangan.

SND_9666Ngeri-ngeri Sedap
Akhirnya, ada kesempatan juga main ke kedung kenthus. Terletak di dusun Babadan, desa Jenangan, Kec.Sampung. Obyek yang satu ini lagi sedang tren.

Karena baru moncer, bahkan penduduk desa Jenangan pun banyak yang gak tahu. Jika berniat kemari, titik poin utama yang harus anda tuju adalah, SDN 1 Jenangan.

Nah, dari SDN 1 Jenangan ini, kedung kenthus sudah dekat dan familiar bagi penduduk.

Darimana asal nama Kedung Kenthus? Ternyata dulu ada pemuda bernama Kenthus, penduduk desa tersebut, yang bunuh diri di kedung ini, 5 hari (sepasar) setelah menikah. – jalansolo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Wordpress Themewordpress
Advertisment ad adsense adlogger