Taman Oase Edu Park UMS

JO, Solo – Keluar dari kepenatan dan kesibukan pekerjaan dengan datang ke Taman Oase yang ada di sebelah Kota Solo menjadi salah satu rekomendasi terbaik. Taman Oase ini yakni Edu Park UMS yang kurang lebih memiliki luas 6,5 hektare dan baru diresmikan pada bulan Februari tahun 2014 oleh Bupati Kutai Barat Kalimantan Timur. Taman Oase ini juga sering disebut sebagai Taman Rekreasi keluarga serta didesain sebagai taman alam, pepohonan mengesankan suasana sejuk.

Edu.Park_

Taman Oase Edu Park UMS dibangun pada tepi Kota Solo, Jalan Adi Sucipto merupakan ruang terbuka hijau sebagai tempat pelestarian sekaligus tempat belajar. Selain itu juga menjadi pusat pengembangan dan wisata edukasi tanaman langka, kurang lebih sudah ada 100 jenis tanaman yang ada di dalam taman ini. Tujuan utama dibangunnya taman oase ini adalah memberikan kesadaran tentang pentingnya melesatrikan lingkungan disaat bumi tengah mengalami erosi.

Edu_Park

Sebagai pengunjung dari taman kita akan dimanjakan dengan udara yang bersih, tempat yang nyaman dan fasilitas nyaman. Di taman ini ada beberapa area jogging track yang bisa kita gunakan untuk jogging pagi dan sore ( Yang di wilayah barat Kota Solo tidak perlu ke Manahan ), Lapangan Sepak Bola serta area Labirin dan Hutan Alam. Beberapa warga memanfaatkan area ini setiap pagi dan sore untuk berolahraga. Bukan hanya berolahraga juga bisa digunakan untuk berekreasi bersama keluarga, makan bersama dibawah pepohonan, atau sekedar santai-santai mencari suasana lain. Ketika jalansolo.com datang tepat sekali taman dipakai untuk melakukan pre wedding, tempat kumpul para komunitas pemuda/mahasiswa.

Edu_Park_UMS

Taman menjadi semakin menarik dengan adanya labirin ditengah – tengah taman, labirin yaitu jalan setapak yang membentuk pola sehingga kita dapat berjalan dan mengikuti pola tersebut. Taman juga dilengkapi dengan area parkir luas, mushola, dan Tempat makan terkenal di Kota Solo yaitu Dapur Solo. Sambil menikmati makanan kita dihadapkan pada pemandangan sawah hijau membentang dan taman Oase sendiri. Semakin mendekati sang Surya meninggalkan peraduannya semakin ramai pula pengunjung taman ini karena view yang dilukiskan sangat bagus.

Namun, ada cerita sisi lain dari taman oase yang diresmikan oleh Bupati Kutai Barat Kalimantan Timur Bapak Ismael Thomas, S.H..M.Si. ini kenapa yang meresmikan beliau ? Jawabannya adalah karena sebagian besar tanaman yang ada ditaman ini dibawa dari Kutai Kalimantan Timur tanaman tersebut misalnya pohon ulin, gaharu, kapur, meranti, durian holai, anggrek hitam, matoa dan cendana. Itu sebabnya, Bupati Kutai Barat turut meresmikan edupark UMS sebagai konservasi tanaman langka.

Setelah selesai mengelilingi seluruh area taman ternyata ada beberapa peringatan yang diberikan oleh pihak taman yaitu tidak boleh merusak tanaman yang ada di taman dan dilarang berpacaran, bagi yang berpacaran di tempat ini akan mendapatkan denda sebesar Rp. 2.000.000,- dan bagi siapa saja yang mau melaporkan akan mendapat hadiah 50 % dari biaya denda. Mungkin hal ini yang menjadi penyebab taman ini selalu ramai oleh orang berolahraga dan santai-santai, bukan orang pacaran. Untuk sampai di taman Oase ini kita bisa menggunakan sepeda motor dan ambil jalan dari Manahan ke barat lurus kurang lebih 20 menit taman oase Edu Park terletak sebelum Hotel Lor In.

Edu_park Dapur_Solo

Taman Oase dibuka mulai dari jam 05.00 – 18.00 dan tidak perlu membayar Harga Tiket Masuk (HTM), cukup dengan membayar uang parkir sebesar Rp. 2000,- kita sudah bisa menikmati fasilitas yang diberikan oleh pihak pengelola taman ini. – jalansolo



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Wordpress Theme
wordpress