Goa Gunung Madu Boyolali

Alamat : Simo-Klego, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah  

JO, Boyolali – Mengenang Sejarah melalui peninggalannya yang masih terjaga hingga sekarang. Ungkapan ini sangat cocok bagi kaum penerus generasi yang suka dengan sejarah. Menelisik dan menelusuri sejarah adalah kegiatan yang menyenangkan sekaligus membuka wawasan.

Salah satu yang ingin dibagikan yakni sepotong sejarah dari penjajahan Jepang di sekitar daerah Solo menuju arah barat yaitu Boyolali, sepanjang perjalanan menuju ke Klego Kami merasakan kesejukan alam yang masih alami dan sejenak berhenti di pinggir jalan karena terdapat sebuah Lubang yang sering disebut sebagai Goa. Masyarakat menyebutnya sebagai Goa Gunung Madu.

Goa-Gunung-Madu-Boyolali-Foto-2

Menurut cerita warga sekitar goa ini memiliki nilai sejarah yang masih diingat hingga sekarang ini, yaitu dulu goa ini merupakan sebuah tempat persembunyian penduduk pada masa penjajahan Jepang. Goa dahulunya berjumlah 5 yang semuanya digunakan untuk tempat sembunyi agar aman dari musuh sementara desa nya sedang di jajah oleh penjaajah dan berlindung dari hujan, sehingga goa ini masih dilestraikan hingga sekarang.

Goa-Gunung-Madu-Boyolali-Foto-3

Goa Gunung Madu terletak di perbukitan sehingga terjamin keamanannya. Karena menurut cerita belum pernah sekalipun rakyat yang bersembunyi di dalam goa ini tertangkap oleh musuh. Persembunyiannya di utamakan untuk kaum perempuan dan anak-anak yang terhitung lemah pada saat itu. Sekarang goa ini hanyalah saksi bisu dari jaman penjajahan Jepang. Namun masih terawat dan dengan mudah para pengguna jalan raya dapat menemukannya karena lokasinya tepat di pinggir jalan.

Goa-Gunung-Madu-Boyolali-Foto-4

Di depan Goa Gunung Madu terdapat pemandangan alam yang masih asri dan natural sejuk dan memanjakan mata. Banyak pemanfaatan di daerah ini salah satunya sebagai arena Motor Cross. Untuk menuju ke Goa Gunung Madu Boyolali dari Solo hanya perlu melakukan perjalanan selama kurang lebih 1.5 jam. – jalansolo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Wordpress Themewordpress
Advertisment ad adsense adlogger