Gunungan Jaler Estri, Semarakan Grebeg Syawal

gunungan-2

JO, Solo – Dua gunungan, yakni gunungan jaler dan gunungan estri dipersiapan Keraton Kasunanan Surakarta dalam Grebek Syawal, hari ini, Jumat (8/7/2016).

Nantinya gunungan tersebut akan diarak dari dalam keraton menuju Masjid Agung Surakarta untuk dibagikan ke masyarakat, terlebih dahulu akan di doakan oleh ulama keraton.

“Dua gunungan sudah dipersiapkan untuk Grebeg Syawal akan dilakukan Jumat (8/7/2016),” ujar Winarnokusuma, Wakil Pengageng Sasana Wilapa Keraton Kasunanan Surakarta.

gununganA

Dua gunungan yang berisi sayuran dan buah-buahan ini akan keluar dari keraton sekitar Pukul 10.00 WIB menuju Masjid Agung Surakarta.

Nantinya untuk rute dari dalam keraton lewat Sitihinggil kemudian Pagelaran lalu Alun-alun Utara (Alut) kendati di pakai untuk pasar sementara pasar klewer. Ada sekitar 500 abdi dalem yang akan mengarak gunungan ini.

“Berangkat Pukul 10.00 WIB, dua gunungan sebelum berangkat ada upacara lebih dulu,” imbuhnya.

Grebeg Syawal ini, tambah Winarnokusuma, adalah puncak acara kemenangan setelah berpuasa selama satu bulan penuh. Diharapkan umat Islam dimanapun tetap menyatu dan rukun, bagi masyarakat jawa tetap dipandang Tuhan dan tidak ada perbedaan. – eli


Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Wordpress Themewordpress
Advertisment ad adsense adlogger