Waspada! 7 Penyakit Ini Bisa Terjadi Setelah Lebaran

Makan bersama saat Lebaran harus tetap sehat

JO, Surabaya – Saat puasa, tubuh mengalami perubahan metabolisme. Oleh karenanya berbuka harus dengan makanan dan minuman yang sehat. Apalagi saat lebaran. Momen spesial bersama keluarga, kebanyakan orang lupa untuk mengontrol asupan makanan. Akibatnya terjadi perubahan metabolisme secara tiba-tiba dan berisiko menimbulkan gangguan kesehatan dan beberapa penyakit.

Melansir dari berbagai sumber, berikut tujuh pengakit yang bisa jadi timbul usai lebaran:

1. Sakit kepala
Terlalu capek dan banyak kegiatan tak tetkenfali fapat menimbulkan Penyakit stres. Akibatnya sakit kepala muncul katena stres. Saat stress, otak bekerja lebih keras dari biasanya sehingga menyebabkan rasa sakit pada kepala. Sakit kepala sebelah atau migraine merupakan jenis sakit kepala yang terjadi akibat stress.

2. Kebanyakan Menenggak kafein
Mengonsumsi kafein dalam dosis wajar dapat meningkatkan kewaspadaan dan konsentrasi. Namun, terlalu banyak kafein dapat meningkatkan denyut jantung, tekanan darah, dan kejang. Berdasarkan penelitian, mengonsumsi kafein terlalu banyak juga dapat menyebabkan kelelahan pada beberapa orang.

https://www.facebook.com/parkway.solo

3. Diare
Alat makan tak higienis yang digunakan untuk menyajikan makanan dengan berbagai macam bumbu, lalu dikonsumsi dapat menyebabkan gangguan saluran pencernaan seperti diare. Apalagi kalau sampah makanan bertebaran dimana-mana dan tak segera dibersihkan, tentu akan mempengaruhi kesehatan.

4. Kadar gula darah jadi tak terkontrol
Umumnya makanan dan minuman yang disediakan saat lebaran tinggi lemak, manis dan asin. Berbagai minuman kaleng yang bersoda juga ada. Jika makanan dan minuman ini dikonsumsi oleh pasien dengan kencing manis akan cenderung gula darahnya jadi tak terkontrol. – jos


Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Wordpress Themewordpress
Advertisment ad adsense adlogger