USB Kembali Loloskan Tim PKM Ke PIMNAS 2016

JO, Solo – Universitas Setia Budi (USB) Surakarta kembali mengukir prestasi, dengan mengirimkan 1 tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) untuk mengikuti Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-29 Tahun 2016 yang diselenggarakan di Institut Pertanian Bogor (IPB), Senin (8/8) sampai Kamis (11/8). Dalam ajang bergengsi ini, USB akan bersaing dengan 145 Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta, untuk memperebutkan Piala Adhikarta Kertawidya di ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) tahun 2016.

Dalam mengikuti PIMNAS ke-29 Tahun 2016, para mahasiswa akan didampingi oleh Wakil Rektor III USB, dan Dosen Pembimbing. 4 mahasiswa tersebut adalah Alfiah Khumaidah, Desi Mulyawati, Indah Irawati, dan Fikri Amrillah, yang semuanya merupakan mahasiswa Prodi S1 Farmasi. Penelitian yang berhasil membawa mereka maju ke PIMNAS 2016 berjudul “Tablet Effervescent Berbahan Baku Ekstrak Kulit Buah Rambutan (Nephelium Lappaceum) Sebagai Antioksidan”. Prestasi ini tentunya tak lepas dari peran serta Dosen Pembimbing yakni, Dewi Ekowati, S.Si., M.Sc., Apt.

Wakil Rektor III USB, Narimo, ST., MM., mengungkapkan bahwa tahun 2016 USB mengirimkan 113 proposal PKM, dimana 9 diantaranya berhasil lolos didanai dengan biaya total Rp. 65.800.000. Dan prestasi yang lebih membanggakan lagi, 1 Tim PKM kembali lolos ke PIMNAS 2016, untuk bersaing dengan 440 judul penelitian lain dari 5 Bidang yang lolos mendapatkan hibah dari Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan.

Ditambahkan, untuk mendorong mahasiswa agar terus mengukir prestasi di PIMNAS, USB secara rutin mengadakan pelatihan PKM tiap tahunnya. Selain itu, pendampingan dan pembimbingan dalam pembuatan proposal juga terus dilakukan, sampai dengan melakukan review dan mengirimkan proposal PKM tersebut ke DIKTI. Harapannya, USB mampu terus bersaing dengan PTS maupun PTN di tingkat Nasional, khususnya dalam bidang penalaran. – tik

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Wordpress Theme wordpress