Musda HIMKI: Himpun Industri Mebel Dan Kerajinan

20150316-114106_60

JO, Solo – Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (HIMKI) sebuah organisasi mebel dan kerajinan bentukan baru hasil inisiasi para pelaku mebel dan kerajinan Indonesia yang berasal dari dari dua asosiasi mebel yang sudah ada sebelumnnya yaitu Asosiasi Mebel dan Kerajinan Indonesia (AMKRI) dan Asosiasi Industri Permebelan dan Kerajinan Indonesia (Asmindo) dikarenakan adanya kesamaan kepentingan dan tujuan pada kedua organisasi tersebut.

Pada awalnya didasari oleh ada keinginan kuat dari Presiden RI Joko Widodo untuk menyatukan kedua asosiasi mebel dan kerajinan, AMKRI dan Asmindo agar menjadi satu asosiasi yang kuat, besar dan dapat menjadi partner pemerintah untuk meningkatkan ekspor. Setelah mengalami dinamika yang panjang akhirnya pada 31 Mei 2016 bertempat di Hotel Holiday Inn Kemayoran Jakarta, AMKRI dan Asmindo menyelenggarakan Munasus/Munaslub untuk pembubaran kedua asosiasi tersebut yang kemudian diikuti oleh pembentukan satu asosiasi baru bernama HIMKI (Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia) yang dipimpin oleh Ketua Umum Ir. Soenoto yang berasal dari AMKRI dan Sekretaris Jenderal Hari Basuki yang berasal dari Asmindo.

Setelah kepengurusan DPP HIMKI terbentuk, penguatan kelembagaan organisasi di daerah -daerah dilakukan termasuk wilayah Solo Raya yang meliputi Surakarta, Boyolali, Sukoharjo, Karanganyar, Wonogiri, Sragen dan Klaten.

Pembentukan Dewan Pimpinan Daerah Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (DPD HIMKI) Soloraya merupakan merupakan perpanjangan tangan dari DPP HIMKI, adapun pembentukan mengacu pada : 1. Surat keputusan DPP HIMKI No. 007/SK-DPP/HIMKI/VI/2016 tentang Team Formatur Mengenai Pembentukan Susunan DPD HIMKI Solo Raya. 2. Hasil Keputusan rapat bersama tim formatur bersama tokoh senior pelaku industri mebel dan kerajinan Solo Raya pada tanggal 17 Juni 2016. 3. Hasil keputusan Rapat bersama pelaku industri mebel dan kerajinan Solo Raya yang dihadiri para tokoh senior pada tanggal 18 Juni 2016, mengenenai kepengurusan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Solo Raya Himpunan Industri Mebel Dan Kerajinan Indonesia. Oleh karena itu Musyawarah Daerah (MUSDA) HIMKI Solo Raya pada 08 Agustus 2016, di Syariah Hotel Surakarta hanya berfungsi menetapkan Ketua dan Pengurus baru Dewan Pimpinan Daerah Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (DPD HIMKI) Solo Raya, dan dilanjutkan Rapat Kerja Daerah (RAKERDA) yang akan merumuskan program kerja strategis untuk satu tahun yaitu 2016-2017.

Tugas besar kepengurusan DPD HIMKI Solo Raya periode 2016-2020 adalah bekerja dan melayani anggota, membangun soliditas para pelaku industri mebel dan kerajinan wilayah Solo Raya dalam kerangka peningkatan nilai ekspor mebel dan kerajinan di wilayah Solo Raya.

Denganmengusung tema “HIMKI Untuk Pemberdayaan Anggota Pada Pasar Lokal dan Global” Yang bermakna HIMKI mendorong semua anggotanya agar berperan aktif dan ikut serta dalam mendukung pembangunan daerah dan aktif dalam penguatan ekonomi nasional serta ikut berkontribusi dalam meningkatkan penerimaan devisa negara melalui kegiatan ekspor furniture dan kerajinan. – ian


Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Wordpress Themewordpress
Advertisment ad adsense adlogger