UNIBA Surakarta Adakan P3D Bagi Dosen Baru

JO, Solo – Universitas Islam Batik (UNIBA) Surakarta menyelenggarakan Program Pengembangan Profesi Dosen (P3D) Angkatan 1 bagi dosen-dosen yang baru bergabung di UNIBA Surakarta. Bertempat di Hotel Dana Solo, Kamis dan Jumat, tanggal 11-12 Agustus 2016.

Kegiatan tersebut mendapat respon positif dan antusias dari peserta, yakni 20 orang dosen baru dari prodi Akuntansi, Manajemen, Ilmu Hukum, Agroteknologi, Agribisnis, dan Teknik Industri.

Para dosen baru diberikan materi-materi yang menarik. Materi-materi yang dikemas dalam 9 sesi, diantaranya mengenai nilai adiluhung dan sejarah dalam perkembangan UNIBA, kebijakan Yayasan terkait pengembangan profesi dosen, pengembangan akademik dosen terkait Tri Dharma Perguruan Tinggi, administrasi dan pengembangan kinerja dosen, penyusunan rencana kerja dan penilaian kinerja dosen, organisasi dan kepemimpinan untuk perkembangan UNIBA, revenue generating yayasan untuk perkembangan UNIBA, kebijakan pengembangan dosen terkait pembinaan kemahasiswaan, dan pengembangan dosen terkait aspek kerjasama dan hubungan eksternal.

Keseluruhan materi dikemas secara menarik agar sesuai dengan kondisi dosen baru dalam mempersiapkan tahun awal mereka di UNIBA Surakarta. Salah satu materi yang disampaikan adalah mengenai organisasi dan kepemimpinan untuk perkembangan UNIBA yang disampaikan oleh rektor UNIBA Surakarta, Prof. Dr. Ir. Hj. Endang Siti Rahayu, MS.

“Seorang dosen harus memiliki jiwa kepemimpinan dan dapat mengatur waktunya dengan baik,” terang rektor.

Sedangkan untuk materi organisasi dan kepemimpinan ditekankan untuk membentuk sikap profesionalisme dosen. Harapannya dosen-dosen baru UNIBA Surakarta menjadi bibit-bibit unggul yang bakal meneruskan perkembangan UNIBA di masa yang akan datang.

P3D_11082016_1

“Uniknya pada kegiatan Program Pengembangan Profesi Dosen (P3D) Angkatan 1 kali ini adalah setiap peserta diberikan kartu-kartu evaluasi trainer (pembicara),” tambah Fithri Setya Marwati, Humas UNIBA Surakarta.

Kartu evaluasi materi ini berisi kuisioner dan nilai atas presentasi dari setiap trainer (pembicara). Tidak hanya materi, kegiatan ini juga diselenggarakan dengan sangat menyenangkan dengan diisi oleh permainan dan ice breaking. Selain itu, peserta juga mengikuti pre test pada awal sesi dan post test pada akhir sesi. – fit


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Wordpress Themewordpress
Advertisment ad adsense adlogger