Pasar Sepi Kredit Kendaraan Bermotor Minus

Raih penjualan sebesar 9.806 unit Nasional, Suzuki ungguli Honda dan Daihatsu foto didi wirayuda

JO, Solo – Penjualan kendaraan melalui kredit mengalami penurunan. Dari data dari Bank Indonesia (BI) Solo, nilai kredit kendaraan bermotor (KKB) di akhir Juni pada semester pertama 2016 hanya Rp 260,012 miliar, turun 0,16 persen dibanding periode yang sama tahun sebelumnya yang tercatat Rp 260,311 miliar.

“Sangat wajar kalau di Bulan Juni dan Juli penjualan mobil terjadi penurunan, sebab menghadapi Lebaran dan tahun ajaran baru, dimana ada kebutuhan biaya yang tak bisa dihindari,” kata ketua Masyarakat Otomotif Surakarta (Most) Ibnu M Sahur, Kamis (11/8).

Ibnu pun pesimistis dengan prediksi penjualan kendaraan di semester kedua. Pasalnya, kondisi perekonomian nasional belum begitu baik dan tingkat daya beli masyarakat juga belum begitu pulih. Menurut dia, kalau pun dealer atau agen tunggal pemegang merek (ATPM) mampu menjual unit mobil dalam jumlah yang cukup lumayan, itu pun keuntungan yang didapat juga tidak terlalu besar.

Sebab, hanya untuk menghabiskan banyak stok yang sudah terlanjur diproduksi. “Agar cepat habis stoknya, penjualan dibungkus dengan cashback yang nilainya cukup lumayan, berbagai hadiah yang disediakan, dan sejumlah paket menarik lainnya,” jelasnya.

Meski agak pesimistis, namun Ibnu juga melihat masih ada celah yang bisa diambil untuk mendongkrak penjualan kendaraan di semester kedua tahun ini. Dan celah itu tampaknya dimanfaatkan para ATPM dengan meluncurkan produk atau varian baru.

“Saya yakin, para ATPM yang berani meluncurkan produk baru itu pasti sudah melakukan kalkulasi bisnis secara matang, bagaimana untung ruginya,” jelasnya.

Sementara itu hari ini Dealer Daihasu Tambak Segaran Solo memperkenalkan produk barunya, Daihatsu Sigra. Branch Manager Daihatsu Tambak Segaran Solo Ernawati Dyah berharap, kehadiran produk baru itu mampu mendongkrak penjualan Daihatsu secara keseluruhan di Soloraya. – wid


Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Wordpress Themewordpress
Advertisment ad adsense adlogger