UNIBA-CTSD Selenggarakan Workshop Higher Education Course Design

JO, Solo – Universitas Islam Batik (UNIBA) Surakarta bekerjasama dengan Center for Teaching Staff Development (CTSD) Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga menyelenggarakan workshop desain pembelajaran pendidikan tinggi (higher education course design).

Workshop ini merupakan rangkaian dari program UNIBA Surakarta, yaitu Lokakarya Kurikulum Universitas. Acara ini dibuka oleh Rektor UNIBA Surakarta, Prof. Dr. Hj. Endang Siti Rahayu, MS. di Hotel Dana Surakarta.Senin-Selasa, 15-16 Agustus 2016.

Materi yang diajarkan dalam workshop ini dimulai dari cara mendesain sebuah mata kuliah secara holistic sesuai dengan kurikulum yang mengacu pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).

Pembahasannya meliputi cara mendesain materi (material), tujuan pembelajaran (learning outcome), strategi pembelajaran (strategic learning), evaluasi pembelajaran (learning evaluation). Setelah tahapan mendesain mata kuliah selesai, lalu dilanjutkan dengan tahapan desain kurikulum untuk tiga mata kuliah yang mencerminkan karakter UNIBA, yaitu Perbatikan, Keislaman, dan Kewirausahaan.

Sementara, peserta workshop desain pembelajaran ini adalah para perwakilan dosen-dosen dari seluruh program studi yang ada di UNIBA, dengan total peserta 20 orang dosen.

Rata-rata dosen menyatakan sangat puas dengan workshop ini, karena memberikan pengalaman baru dari teknik-teknik pembelajaran. Pendapat ini sejalan dengan pernyataan Wahyu Benny, dosen Fakultas Hukum UNIBA, yang menyatakan “ini sangat bermanfaat karena didalam workshop ini padat ilmu dan padat aktifitas yang didalamnya juga dilatih micro teaching yang ini sangat bermanfaat bagi saya sebagai dosen yang masih tergolong baru, yang selama ini belum pernah medapatkan pendidikan semacam ini.”

Tim CTSD yang dipimpin oleh Dr. Sekar Ayu Aryani, MA dan diperkuat oleh Dr. Hisyam Zaini, MA dan Dr. Irsyadunnaas, M.Ag melatihkan beberapa strategi pembelajaran seperti The Power of Two, Every One a Theacher Here, Galeri Jawaban, Reading guide, dan sebagainya. Seluruh metode yang disampaikan adalah bersifat active learning. Dr. Supawi Pawenang, MM, wakil Rektor IV UNIBA Surakarta menyatakan bahwa metode belajar active learning ini sengaja dilatihkan di UNIBA untuk meningkatkan mutu proses belajar mengajar.

Dr. Supawi Pawenang sendiri merupakan alumni dari CTSD, yang telah mendapatkan sertifikat dari CTSD sebagai fasilitator untuk program serupa. Lebih lanjut beliau berharap agar para dosen sudi untuk mengimplementasikan apa yang telah diperolehnya dalam workshop ini. Pendapat serupa dinyatakan oleh Dr. Pramono Hadi, SP selaku Wakil Rektor I UNIBA yang hadir seluruh waktu.- awi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Wordpress Theme
wordpress