UNIBA Surakarta dan Paradigma Active Learning

JO, Solo – Memasuki perkuliahan semester gasal tahun ajaran 2016/2017, September mendatang Universitas Islam Batik (UNIBA) Solo melakukan serangkaian pelatihan kepada para dosen untuk mempelajari teknik-teknik pembelajaran dengan paradigma active learning.

Paradigma ini menempatkan mahasiswa sebagai subyek pembelajaran secara aktif dan kreatif untuk melakukan aktivitas belajar. Dosen diposisikan sebagai fasilitator dan mitra belajar. Dosen tidak lagi sebagai satu-satunya sumber belajar, melainkan berfungsi pula sebagai creator desain pembelajaran, fasilitator kegiatan pembelajaran, hingga motivator para pembelajar.

Pelatihan active learning ini menjadi salah satu program masa pergantian semester genap 2015/2016 ke gasal 2016/2017. Pelatihan yang diikuti oleh 31 dosen ini ternyata diapresiasi dengan baik oleh para pesertanya.

Dekan Fakultas Pertanian UNIBA, Ir. M. Ikhsan, MP , selaku dosen senior mengatakan bahwa pelatihan active learning ini sangat bermanfaat, karena materi pelatihannya mengintegrasikan materi, tujuan pebeajaran, srategi pembelajaran, hingga evaluasi pembelajaran.

“Hasil penelitian ini diimplementasikan dalam proses belajar-mengajar (PBM) di UNIBA secara konsisten, sehingga mutu PBM UNIBA akan diapresiasi oleh para mahasiswa sebagai peserta didik, dan akan menghasilkan lulusan yang lebih baik pula,” terangnya.

Sementara Ketua Program Studi (Kaprodi) Teknik Industri, Ratna Damayanti, ST, MM, mengatakan, active learning ini akan diterapkan pada prodi Teknik Industri UNIBA.
“Metode ini dinilai akan menjadi yang baik dan komprehensif karena memadukan antara teoritik dan praktik, sekaligus menyinergikan antara kognisi, afeksi, dan psikomotor.” pungkasnya. – awi


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Wordpress Themewordpress
Advertisment ad adsense adlogger