Diklat PTK Guru Mapel Bahasa Jawa Se Surakarta

JO, Solo – Bertempat di SMP Negeri 7 Surakarta Musyawarah Guru Mata Pelajaran ( MGMP ) Bahasa Jawa SMP se Kota Surakarta tahun pelajaran 2016 – 2017 mengadakan pendidikan dan latihan atau Diklat Penulisan Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) dan Pengembangan Diri.

Pendidikan dan Pelatihan berlangsung selama 3 ( tiga ) hari yaitu mulai hari Selasa, 23 Agustus 2016 sampai dengan hari kamis, 25 Agustus 2016. Diklat dibuka oleh pengawas Drs. Nur Rochmad M.Pd.

“Tujuan diklat Penelitian Tindakan Kelas ini untuk meneliti guru dan siswa. Guru mengajar agar supaya siswa menjadi lebih pandai dari sebelumnya. Guru melayani siswa agar menjadi anak yang berkarakter. Dengan melakukan PTK ini pelayanan mutu menjadi meningkat,” papar Nur Rochmad, saat memberi sambutan.

Sementara, Pembina MGMP Bahasa Jawa SMP Kota Surakarta, Sutarmo, S.Pd.M.Pd. dalam sambutannya mengatakan, bahwa dengan mengadakan diklat PTK ini tujuannya adalah sebagai pembelajaran perbaikan kelas, selain bisa untuk angka kredit.

Untuk keperluan Diklat, panitia mengundang nara sumber yang kompeten dalam bidang PTK yakni Dra. Tri Unggul Suwarsi,M.Pd. Pembahasan dan pemberian contoh laporan Penelitian Tindakan Kelas “Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Kompetensi Aritmatika Sosial Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together ( NHT ) Bagi Peserta Didik Kelas VII D Semester I SMP Negeri 14 Surakarta Tahun pelajaran 2013 / 2014”.

“Berdasar pengamatan rata-rata aktivitas dikelas dalam hal mendengar dan melihat itu masih rendah. Selain aktivitas belajar juga kesulitan-kesulitan yang dialami siswa tersebut mengakibatkan hasil belajarnya juga masih rendah,” kata Suwarsi.

Masih banyak siswa yang nilainya belum mencapai kriteria ketuntasan minimum ( KKM ) yaitu 71,00. Dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together diharapkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada kompetensi aritmatika sosial lebih meningkat. – sri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Wordpress Theme
wordpress