Akuntansi Itu Idiologi

JO, Solo – Akuntansi tidak sekedar urusan debet dan kredit. Akuntansi tidak hanya seputar laporan keuangan. Namun akuntansi juga sebuah ideologi.

Kita sering mengkritik paham kapitalis, namun tanpa sadar sebenarnya kita telah menjadi bagian dari kapitalisme. Karena selama ini kita diajarkan bahwa persamaan dasar akuntansi,  Harta = Utang + Modal

Artinya bila kita tidak punya utang harta adalah modal. Ada pengakuan bahwa harta adalah mutlak milik kita sendiri. Padahal dalam ajaran agama, harta adalah titipan dan sebagian dari harta kita bukan milik kita harus disalurkan pada fakir miskin melalui zakat.

Demikian juga dalam pandangan orang Jawa, bandha mung titipan, nyawa mung gaduhan.

Maka dalam perkembangan saat ini munculah bidang studi baru, yaitu Akuntansi Syariah, yang mendasarkan pada ajaran Islam yaitu Al Quran da Al Hadist.

Dalam akuntansi Syariah harta atau kekayaan yang dimiliki harus dibersihkan dengan membayar zakat 2,5 %. Sehingga persamaan dasar menjadi H= U + M-z, yaitu harta sama dengan utang ditambah modal dikurangi zakat.

Kesimpulannya akuntansi Syariah selalu berorientasi pada zakat (zakat oriented). Focus kesejahteraan umat, bukan personal atau corporate. Semakin besar laba dan semakin banyak harta, semakin banyak zakat dibayarkan untuk kemaslahan umat.

Sedangkan dasar pelaksanaan Akuntansi Syariah diatur dalam Al Quran surat Al Baqarah Ayat 282. Allah SWT berfirman bila kamu bertransaksi dengan tidak tunai imlakan, catatlah, akuntansi kan.

Kedepan Akuntansi Syariah sangat cocok dengan perkembangan zaman, banyak diimplementasikan pada bisnis yang berbasis syariah, misalkan perbankan, koperasi, asuransi, perhotelan, jasa dan perdagangan serta bisnis lainnya (*).

Uraian disampaikan pada kuliah perdana Akuntansi Syariah, di program studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta. Kamis (1/9). – arn

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Wordpress Theme wordpress