SRC Astra Motor Jogja Jadi Kunjungan Wisata

p_20160906_142313

JO, Jogja – Sosialisasi dan kampanye keselamatan berkendara (Safety Riding) sepeda motor yang digencarkan Astra Motor, sedikit banyak telah membuahkan hasil. Seiring kesadaran masyarakat terkait keamanan dalam berkendara. maka  Safety Riding Center (SRC) Astra Motor Jogjakarta ini menjadi jujugan pengunjung wisata.

Safety Riding Analyst Astra Motor Yogyakarta, Muhammad Ali Iqbal menjelaskan, bahwa sedikitnya ada lebih dari 10 kelompok wisatawan atau sekitar 1500 pengunjung dari luar kota yang menyambangi SRC pada bulan lalu.

img_5716

Safety Riding Centre Astra Motor Jogjakarta sedang dikunjungi wisawatan

Tren mengunjungi SRC Astra Motor diatas disinyalir akan terus meningkat pada tahun-tahun selanjutnya. Hal ini dikarenakan sudah ada beberapa biro pariwisata dari daerah di luar Jogja seperti dari Pemalang, Lumajang, Wonosobo, bahkan Lampung yang mulai menawarkan pelatihan aman berkendara di Safety Riding Center ini menjadi salah satu destinasi wisata.

p_20160906_142557

Rangkaian program edukasi di Astra Motor Safety Riding Center, Jogjakarta :

Proses dimulai dari penjelasan di dalam kelas mengenai teori-teori dasar berkendara yang baik dan benar, sebelum menjajal simulator canggih Honda Riding Trainer (HRT) yang nampak seperti nyata.

Simulator HRT ini akan mengajarkan bagaimana cara berkendara yang baik di jalan raya dengan berbagai pilihan situasi dan tingkat kesulitan yang disetting sebagaimana keadaan yang sebenarnya.

p_20160907_114243-1

Alexandra Asmasoebrata sedang mencoba fasilitas Honda Riding Trainer (HRT) di Astra Motor Safety Riding Center Yogyakarta, ditemani CEO Astra Motor Sigit Kumala (kiri) dan Head of ESR Division PT Astra International Riza Deliansyah (kedua kiri)

Selanjutnya, para peserta diberikan pelatihan beberapa teknik aman berkendara menggunakan sepeda motor Honda di fasilitas yang disediakan. Pertama, peserta diajarkan beberapa hal dasar seperti bagaimana melakukan mounting-dismounting (naik dan turun kendaraan) yang aman dan benar, memeriksa kendaraan dan postur tubuh saat berkendara.

Setelah itu, peserta akan mempraktekan secara langsung tentang beberapa teknik berkendara secara safety seperti teknik pengereman (breaking), teknik keseimbangan (narrow plank) di atas papan keseimbangan, teknik melewati jalanan bergelombang dan slalom course atau teknik kombinasi melakukan akselerasi, deselerasi, serta handling kemudi dengan benar.

Pelatihan ini diberikan secara cuma-cuma atau gratis dan dibimbing langsung oleh instruktur berpengalaman dengan menggunakan fasilitas standar Honda. Selain itu, setiap peserta akan mendapatkan sertifikat dan juga doorprize yang telah disediakan.

p_20160907_114909

“Sepanjang tahun 2015, Tim Safety Riding Astra Motor Yogyakarta telah memberikan pelatihan safety riding kepada 6.928 peserta dengan rincian sebanyak 2.018 peserta melakukan training di Astra Motor Safety Riding Center yang terletak di Jalan Sudirman No. 99, Yogyakarta,” jelas Iqbal.

Semoga dengan kesadaran safety riding ini, lanjutnya, akan menekan angka kecelakaan yang setiap tahun cenderung mengalami peningkatan. –ian

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Wordpress Themewordpress
Advertisment ad adsense adlogger