Sister City Perlu Kajian Matang

JO, Solo – Kota Solo berencana menggandeng kerjasama dengan kota Xi’an, provinsi Shaanxi di Republik Rakyat Tiongkok (RRT) dalam program city sister (kota kembar) pada bidang perdagangan, perindustrian, IPTEK, kebudayaan, pariwisata, pendidikan, olahraga dan SDM.

Untuk merealisasi, Pemkot Solo mengajukan ijin ke DPRD, dan Kamis (8/9/2016) DPRD Solo menggelar public hearing, di Ruang Sidang Paripurna, membahas rancangan kerjasama kota bersaudara (city sister) dihadiri stakeholder, termasuk Unisri.

“Mewakili Unisri dalam public hearing menyampaikan agar kerjasama city sister dikaji dan dipersiapkan dengan matang. Jangan sekedar keinginan semata namun memang menjadi suatu kebutuhan,” papar Drs. Suharno, MM, Akuntan, pada public hearing.

Jangan sampai city sister, nasibnya seperti kejadian di era 2007 yang pernah menjalin city sister dengan kota Montana, Bulgaria, mencakup lima bidang yaitu: pengembangan ekonomi, manajemen lingkungan, infrastruktur dan transportasi, budaya dan SDM.

“Namun hingga kerjasama berakhir di 2012, tidak ada satu pun yang terealisasi, alias gagal total.” tegasnya.

Kegagalan tersebut, disebabkan perencanaan tidak matang, ketidak tersedianya SDM yang handal dan profesional dan kurang keterlibatan stakeholder.

Kegagalan city sister dengan Montana, jangan sampai terulang. Kerjasama dengan kota Xi’an bisa saja gagal, kalau ini hanya sekedar pencitraan dan menjalankannya program pemerintah pusat semata.

Mengantisipasi kegagalan tersebut, Pemkot Solo hendaknya, mempersiapkan dan merancang program secara kongkrit, spesifik dan terukur, melibatkan stakeholder yang terkait secara intensif dan optimal.

Tidak hanya itu saja, juga berkomitmen merealisasi kerjasama dengan mempersiapkan sumber dana APBD dan sumber dana lainnya.

“Jangan sampai punya keinginan besar, namun tidak mau mendanai, ibarat empyak kurang cagak,” Ddemikian tanggapan  pengamat ekonomi dan dosen prodi akuntansi dan MM Unisri tersebut. – arn

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Wordpress Theme wordpress