Kembang Api Meriahkan Pembukaan SIPA 2016

pembukaan-sipa-2016-dimeriahkan-dengan-pesta-kembang-api

JO, Solo – Solo International Performing Arts (SIPA) 2016 resmi dibuka Kamis (8/9) sekitar pukul 20.20 WIB di Benteng Vastenburg Solo. Pembukaan SIPA ditandai dengan pemukulan kenong oleh Deputi hubungan antar lembaga dan wilayah badan ekonomi kreatif Indonesia, Endah Wahyu Sulistiani didampingi Ketua SIPA 2016, Ray Irawati Kusumorasri dan Wakil Walikota Surakarta, Achmad Pranomo. Seremonial pembukaan akan dilakukan maskot SIPA 2016, Peni Candra Rini dan Semak Candra Kirana, Solo, serta dan Direktur SIPA Community, Irawati Kusumorasri dengan menyalakan kembang api yang diikuti para penonton

Pemukulan kenong dibarengi dengan penyalaan kembang api, yang sebelumnya telah dibagikan kepada penonton. Pada saat yang bersamaan gerimis sempat turun, yang membuat sejumlah penonton mengeluarkan payung mereka. Bahkan Endah Wahyu Sulistiani terpaksa menyudahi pidatonya, karena hujan mulai turun. “Saya rasa tidak perlu lama-lama. Sudah ditegur hujan,” kata Endah.

Maskot SIPA 2016, Peni Candra Rini menjadi penampil pertama malam ini. Peni membawakan lagu time song SIPA 2016 “Mahaswara” diiringi puluhan penari dari Sanggar Senarak Candrakirana. ark Na Hoon Dance Company dari Korea Selatan, Maya Hasan dari Jakarta, Djaduk Ferianto-Kua Etnika dari Yogyakarta.Koreografer andalan Korea Selatan, Park Na Hoon, telah menyiapkan kejutan bagi para penonton SIPA dengan konsep sajian yang akan disajikan malam nanti.

Pembukaan SIPA 2016 Dimeriahkan Dengan Pesta Kembang Api, Harpist Maya Hasan, memukau penonton dengan alunan harpanya. Djaduk Ferianto-Kua Etnika, kelompok seni kenamaan asal Yogyakarta, juga akan memberikan kejutan kepada para penonton SIPA 2016. Tampil pula Manipuri Dance dari India dan Dewa Budjana dari Jakarta. Manipuri merupakan salah kelompok tari yang sangat populer di India. Sementara Dewa Budjana, musisi Indonesia ini akan memainkan musik instrumen dengan petikan gitar.

Pada hari pertama gelaran SIPA 2016 ini sukses mengundang antusiasme masyarakat Solo untuk menyaksikannya. Terbukti, sejak 19.00 WIB ribuan orang berbondong-bondong memasuki gerbang Timur Benteng Vastenburg. Sembari menunggu dimulainya acara, penonton bisa berfoto dengan booth foto maskot SIPA 2016, Peni Candra Rini di sebelah Utara pangung. Mereka juga menikmati jajanan di tenda-tenda bazar yang disediakan. – uni

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Wordpress Themewordpress
Advertisment ad adsense adlogger