Kelurahan Jebres Gelar Kirab Budaya

img-20160915-wa0000

JO, Solo – Kelurahan Jebres memiliki aneka potensi seni budaya adiluhung yang luar biasa. Baik kesenian tradisional maupun modern. Seperti tari, karawitan, keroncong, wayang kulit, ketoprak, teater, grup band, tumbuh subur di tengah masyarakat.

Untuk menghimpun potensi tersebut, sekaligus memberikan ruang berekspresi, kelurahan Jebres selama empat hari, Kamis-Minggu (22-25/9/2016), bertempat di Taman Cerdas.

“Akan menggelar kirab budaya Babad Kademangan Jebres,” terang  Lurah Jebres, Ari Dwi Daryatmo, S.STP, MM, dalam rapat koordinasi kirab budaya, di pendhapi alit kelurahan Jebres, Rabu malam (14/9/2016).

Lebih lanjut, Ari Dwi Daryatmo, memaparkan agenda kegiatan. Hari pertama diadakan umbul donga dan kembul bujana. Hari kedua pentas wayang kulit. Hari ketiga drama kolosal Babad Kademangan Jebres, diikuti 36 RW dan bekerjasama dengan ISI Surakarta. Dilanjutkan pentas ketoprak dengan lakon Joko Kendil.

Pada hari keempat, Minggu sore (25/9) puncak acara Kirab Babad Kademangan Jebres. Peserta dari 36 RW tampil sebagai lasyar prajurit, berjalan mengiringi pusaka dan artefak peninggalan ki Demang Jebres, diikuti pasukan berkuda dan kereta kencana, berjalan dari patung Sukarno-Hatta, sampai Taman Cerdas.

” Kami berharap agenda tahunan kirab budaya ini bisa masuk event budaya tingkat kota, sehingga kelurahan Jebres, bisa berkiprah dan dikenal tidak hanya ditingkat kota namun juga mampu berkiprah dan dikenal ditingkat nasional ” ungkap Ari Dwi Daryatmo yang didampingi ketua pelaksana, Aipda Wagino Dipuro, SH.

Keinginan tersebut mendapat dukungan para tokoh masyarakat Jebres, termasuk salah satunya, Honda Hendarto, yang mengapresiasi dan mensupport pelaksanaan kirab budaya. – arn

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Wordpress Themewordpress
Advertisment ad adsense adlogger