Rute Baru Solo-Guangzhou Dibuka

img01322-20130123-1420-fileminimizer

JO, Solo – Bandara Internasional Adi Soemarmo membuka rute penerbangan Solo-Guangzhou (Tiongkok). Penerbangan perdana akan dilakukan 1 Oktober mendatang kemudian disusul 6 Oktober

Menurut nanajer operasional bandara setempat, Yaka Sulistya, rute Solo-Tiongkok yang dilayani Sriwijaya Air barulah untuk kebutuhan carter penumpang dan penjajakan pasar. Sehingga tidak perlu slot waktu dan perizinan sebagaimana rute penerbangan reguler.

“Nanti kalau menjadi penerbangan reguler barulah dilengkapi perizinan,” kata Yaka, ketika dihubungi.

Setelah Air Asia menutup dua rute penerbangannya, Solo-Kuala Lumpur (Malaysia) PP di Bulan Juli dan Solo-Singapura di Bulan Januari tahun ini, Bandara Adi Soemarmo Solo praktis tidak lagi melayani rute internasional. Rute internasional yang dilayani hanyalah Solo-Jeddah oleh Garuda Indonesia, untuk melayani angkutan jamaah umrah. Itu pun tidak setahun penuh, di luar musim haji.

Padahal sebelumnya, General Manager Bandara Adi Soemarmo Abdullah Usman berkomitmen akan menjadikan bandara termegah dan termewah di Jawa Tengah dan DIY itu menjadi bandara internasional yang sebenarnya. Sebab, landasan pacunya jauh lebih panjang ketimbang dua bandara lainnya, Ahmad Yani Semarang dan Adisucipto Yogyajarta, sehingga ancang-ancang pesawat yang akan terbang atau mendarat lebih panjang.

Demikian juga dengan apron juga lebih lebar, sehingga memudahkan pesawat berbadan lebar jenis airbush parkir. Selain itu, ada dua garbarata yang bisa dipasang dari ruang tunggu ke badan pesawat untuk nelindungi penumpang agar tidak kepanasan atau kehujanan.

Alasan lain, lanjut Usman, rute penerbangan di bandara lain sudah cukup padat, baik rute domestik maupun internasional, sehingga antrian untuk take off atau landing cukup lama. “Saya melihat, rute untuk Australia dan Tiongkok cukup potensial untuk dibidik,” kata dia. – wid

 

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Wordpress Themewordpress
Advertisment ad adsense adlogger