Rusun Rawa Bebek tak Layak Huni

Wakil Ketua DPR Fadli Zon melakukan sidak ke warga korban penggusuran Pemerintah DKI Jakarta di rumah susun Rawa Bebek, Pulogebang, Cakung, Jakarta Timur, Jumat (16/9/2016)

JO, Jakarta – Wakil Ketua DPR Fadli Zon melakukan sidak ke warga korban penggusuran Pemerintah DKI Jakarta di rumah susun Rawa Bebek, Pulogebang, Cakung, Jakarta Timur, Jumat (16/9/2016).

Kunjungan ini menanggapi aduan aktivis Ratna Sarumpaet dan sejumlah warga korban penggusuran yang disampaikan Kamis (15/9/2016) kemarin.

“Ini contoh rumah susun tidak layak huni, kalau layak dipikirkan keselamatan, tidak kayak untuk keluarga, hanya layak untuk lajang,” ucap Fadli saat melihat kondisi kamar rumah susun Rawa Bebek, Jumat (16/9/2016).

Fadli juga menilai rumah susun yang dibangun oleh Pemrov DKI ini, tidak di fasilitasi untuk memasak. Hal ini lah yang dinilai sangat tidak layak sekali untuk dihuni oleh warga pengusuran.

“Tidak ada tempat untuk memasak, bahkan memasak di bawah jemuran. Jadi keputusan pemprov menggusur sangat terburu-buru,” katanya.

Politikus Gerindra ini juga menyesalkan bahwa warga yang tinggal di rumah susun ini dimintai uang iuran perbulan. Hal ini setelah mendegar keluhan warga yang tinggal disini.

“Ini warga bayar Rp 300 ribu per bulan. Semestinya dibebaskan, ternyata banyak korban tidak ada ganti rugi sama sekali. Padahal dulu janjinya inggin memanusiakan, tetapi tidak ada sama sekali ganti rugi. Bagaimanapun diperlukan ganti rugi, bahkan sebagian tidak sempat menyelematkan harta benda. Ini sangat tidak manusiawi,” cetus Fadli.

Sementara Ratna Sarumpaet yang mendampingi Fadli Zon menilai, Ahok kerap merelokasi rumah warga dengan semena-mena. Ratna mencontohkan DKI saat masih dipimpin Sutiyoso.

Relokasi rumah warga juga dilakukan pada era itu. Namun, relokasi tidak dilakukan secara semena-mena dan gaduh seperti saat Jakarta dipimpin Ahok.

“Kelihatannya pemerintah di bawah Ahok ini meniadakan hal-hal yang harusnya mereka hormati. Apakah itu proses, aturan, UU, konstitusi,” katanya Ratna. – teropongsenayan


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Wordpress Themewordpress
Advertisment ad adsense adlogger