“Mahasiswa USB Ikuti Student Exchange Program ke Mesir”

12

JO, Solo – Tahun 2016, Universitas Setia Budi Surakarta berhasil mengirimkan 1 mahasiswa untuk mengikuti Student Exchange Program (SEP). Nisa Amila Rodhiya, mahasiswa angkatan 2013 dari Fakultas Farmasi, berhasil lolos seleksi SEP mewakili Universitas Setia Budi ke Negara Mesir untuk mengikuti program pertukaran pelajar melalui Egyptian Pharmaceutical Student Federation (EPSF) pada pertengahan Juli lalu.

Student Exchange Program (SEP) adalah salah satu program yang diselenggarakan oleh International Pharmaceutical Student Federation (IPSF). Dalam IPSF Setiap mahasiswa farmasi memiliki kesempatan untuk mengikuti pertukaran pelajar ke Negara lain yang tergabung dalam IPSF. Salah satu asosiasi farmasi indonesia yang tergabung dalam IPSF adalah Ikatan Senat Mahasiswa Farmasi Seluruh Indonesia (ISMAFARSI).

“Bulan September 2015 ISMAFARSI memberikan peluang bagi para mahasiswa farmasi Indonesia untuk mendaftarkan diri, untuk bisa berpartisipasi dalam pertukaran pelajar priode tersebut. Dari situlah pengalaman saya bermula,” ungkap Nisa.

Negara Mesir dipilih menjadi Negara tujuan karena Mesir memiliki beberapa industri Farmasi terkenal, dimana para mahasiswa bisa menjadi trainee di industri Farmasi tersebut. Nisa bersama 4 mahasiswa Universitas Indonesia dan 3 mahasiswa Institut Teknologi Bandung menjalani program pertukaran pelajar dan training selama 1 bulan di Negara Mesir.

Mereka melaksanakan short course atau training di sebuah industri obat di Mesir yakni Egyptian International Pharmaceutical Industry Company (EIPICO). Selain mengikuti training, para mahasiswa peserta SEP ini juga mengikuti kegiatan lecturing di October 6 University, yang merupakan salah satu kampus ternama di Mesir. Selain itu, para mahasiswa peserta SEP juga mengikuti Eastern Mediterranean Pharmaceutical Symposium.

Diharapkan, mahasiswa lain bisa mengikuti jejak Nisa untuk bisa belajar di luar negeri agar mendapatkan banyak pengalaman, tidak hanya dalam hal akademis tapi juga tentang kehidupan dan budaya di Negara lain. – tik

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Wordpress Themewordpress
Advertisment ad adsense adlogger