Ketoprak Geer Buat Gergeran Warga Jebres

JO, Solo – Sabtu malam (24/9) ribuan warga kelurahan Jebres memenuhi open stage Taman Cerdas, menyanyikan dua gelaran seni tradisional yang memukau dan meriah.
Gelaran pertama drama tari kolosal Babad Kademangan Jebres, pentas kolaborasi ISI Surakarta dengan warga perwakilan 36 RW.

Drama tari yang mengisahkan awal mula desa Jebres dikemas apik dan spektakuler. Tarian yang memikat dan iringan gending sangat dinamis, mendapat applaus dari ribuan penonton.

Dilanjutkan pentas ketoprak Geer pimpinan Ki Warsito Jati, mengambil lakon Joko Kendil. Para pemain ketoprak  dan pengrawit berasal dari warga kampung Gulon, dengan beragam profesi, guru, pelajar, dosen dan ibu rumah tangga.

Walaupun hanya dengan penuangan naskah,  tanpa teks,  pemain mampu berimprovisasi dengan baik.

Membuat penonton tertawa terpingkal-pingkal sejak adegan pertama hingga terakhir.

Nampak ikut menyaksikan Lurah Jebres, Ari Dwi Daryatmo, Camat Jebres, Tamso, DPRD kota Solo Honda Hendarto berbaur dengan warga. Ikut tergelak dan tertawa menyaksikan polah tingkah para pemain.

Lakon Joko Kendil sarat dengan pesan moral bahwa menilai baik buruknya sesorang, tidak bisa hanya dilihat dari bentuk fisik semata, namun baik buruk seseorang sangat tergantung pada perilaku dan perbuatannya. -arn

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Wordpress Themewordpress
Advertisment ad adsense adlogger