FE UNIBA Gelar Seminar Nasional

JO, Solo – Investasi di pasar modal menjadi isu menarik dalam perjalanan ekonomi suatu negara. Termasuk di negara China, hampir sebagian besar penduduknya ikut terlibat dalam perdagangan saham, bahkan para petani pun ikut trading saham secara bebas. Sehingga Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) merupakan realisasi pasar bebas di Asia Tenggara.

Tujuan MEA sendiri demi meningkatkan stabilitas perekonomian di kawasan ASEAN, diharapkan mampu mengatasi masalah-masalah di bidang ekonomi antar negara ASEAN. Secara makro ekonomi, pasar modal sebagai sarana pemerataan pendapatan.

Bagi perusahaan, dapat memberikan keuntungan besar, diantaranya untuk mengembangkan usahanya (ekspansi) dengan menggunakan dana dari hasil penjualan saham di pasar ini tanpa harus hutang ke Bank yang bunganya cukup besar, dengan syarat yang rumit.

semnas_rektor-uniba

Pasar Modal ini juga sebagai Leading Indicator perekonomian suatu Negara, Jika kondisinya baik atau berkembang maka ekonomi suatu negara tersebut juga akan baik (tidak berlaku mutlak). Konsekuensi atas kesepakatan MEA tersebut berupa aliran bebas barang bagi negara-negara ASEAN, dampak arus bebas jasa, dampak arus bebas investasi, dampak arus tenaga kerja terampil, dan dampak arus bebas modal.

Hal-hal tersebut tentunya dapat berakibat positif atau negatif bagi perekonomian Indonesia. Inilah yang mendorong fakultas ekonomi Universitas Islam Batik (UNIBA) menyelenggarakan seminar nasional dan call for paper dengan tema “Invesment  Challenges and Opportunities in Indonesian Capital Market  in The Era Of Asean   Economic Community”. Seminar nasional diselenggarakan di Megaland Hotel Surakarta, Selasa (27/9/2016).

semnas

Sebanyak 600 peserta menghadiri acara seminar tersebut. Peserta seminar berasal dari berbagai kota di Indonesia, Key Note Speaker Ketua ISEI  Prof. Bambang Setiaji dan Walikota Surakarta FX. Hadi Rudyatmo.

Sebagai pembicara  dari BEI Jogjakarta Irfan Noor Riza, dari OJK I Made Bagus Tirthayatra, Founder of AA Invesment and partner UOB Kay Hion Solo Galery  Edwin Jayandaru serta Dosen UNS Surakarta  Prof. Bambang Sutopo, M.Com, Ak. – fit

 

 


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Wordpress Themewordpress
Advertisment ad adsense adlogger