Unisri Dukung Pelaksanaan Seminar Internasional Multi Kultural di Thailand

13

JO, Solo – Peserta dan pembicara seminar internasional dari empat negara yaitu Indonesia, Jepang, Thailand, Australia sepakat dalam menghadapi era globalisasi saat ini, untuk mengerti dan memahami serta aktif mensosialisasikan multi kulturalisme kepada masayarakat secara luas, maupun lewat perguruan tinggi. Demikian disampaikan Rektor Unisri, Prof. Dr. Ir. Kapti Rahayu Kuswanto, di ruang kerjanya, Rabu (28/9).

Sebagaimana diketahui pekan lalu, Sabtu (17/9) Unisri, menggelar seminar internasional mengangkat tema tema The 1st International Conference onTechnology, Education And Social Science, Human Resources Development Based On It culturalism, yang berlangsung meriah dengan menampilkan berbagai nuasa budaya dari berbagai negara.

Lebih lanjut, Kapti Rahayu Kuswanto, menyatakan menyadari arti penting multi kulturalisme, para pembicara seminar yaitu Assoc. Prof. Dr. Apirat Petchsiri, (Khon Kaen University, Thailand); . Mr. Daiki Kasugara, JETRO (JapanExternalTrade Organization); Asst. Prof. Bodee Putsyainunt. (Khon Kaen University, Thailand); Ross Hewitt Ph. D. (Australian National University); . Dr. Kaori Yokotani ( Showa Women University, Tokyo, Japan); Mr. Chuanchen Bi. ( Khon Kain University, Thailand) dan Prof. Dr. Sariyatun, MPd. M. Hum, (UNS, Indonesia) sepakat untuk melanjutkan seminar internasional multi kultural ke-2 di Thailand, dengan menambah univertsitas lain dari beberapa negara untuk terlibat didalamnya.

“Bila kita ingin tetap eksis di era global seperti saat ini, maka kita harus mengerti dan memahami kultur masing negara lain pada semua bidang baik ekonomi, hukum, sosial, budaya, pendidikan. Indonesia termasuk negara yang beruntung, karena merupakan negara multi kultur, namun tetap bersatu dan saling hidup berdampingan, karena memiliki Bhineka Tinggal Ika, sebagai penyelamat keberagaman kultur,“ ungkap Kapti Rahayu Kuswanto lebih lanjut.

Selain pembicara utama dari empat negara, seminar internasional juga menghadirkan pembicara dari universitas lain Tukiyo (Universitas Widyadarma), Leo Agung (UNS) dan pembicara dari Unisri, Edy Wibowo, Anita Trisiana, Yustina Wulandari, MD Rahardini, Siti Supeni, Amin Wayudi, Yusuf . – arn

 

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Wordpress Themewordpress
Advertisment ad adsense adlogger