“Hukumnya Wajib Melestarikan Batik “ Kepala SMPN 8 Solo

img-20161003-wa0002

Nugroho M.Pd

JatengOnline – Dalam memperingati hari Batik Nasional yang dilaksanakan pada tanggal 3 Oktober 2016, Kepala Sekolah Nugroho, S.Pd.M.Pd. menyampaikan bahwa hukumnya wajib untuk melestarikan batik yang sudah diakui oleh Unesco. Batik memang berasal dari Indonesia.

Peringatan hari Batik setiap tahunnya diperingati pada tanggal 2 Oktober. Peringatan dilakukan sekaligus upacara bendera di halaman sekolah yang diikuti oleh seluruh siswa kelas VII – IX, guru dan karyawan.

img-20161003-wa0003Peserta upacara menggunakan seragam batik bebas lengan panjang untuk guru dan karyawan, sedangkan untuk siswa semuanya menggunakan seragam batik khas SMP Negeri 8 Surakarta yang biasanya dipakai pada hari Rabu dan Kamis.

“Batik di Indonesia mempunyai keistimewaan,” tegas Nugroho.

Perbedaan antara batik Indonesia dengan batik-batik negara lain adalah teknik pembuatannya, karena menggunakan canting.

Selain itu motif pada kain batik kita juga sangat berbeda dengan negara lain dan hanya batik Indonesia yang memiliki filosofi.

Untuk itu akhirnya pada tanggal 2 Oktober 2009 lalu Unesco mematenkan batik cap dan batik tulis Indonesia sebagai Intangible Heritage of Humanity.

Upacara peringatan hari Batik di SMP Negeri 8 yang dimulai pukul 07.00 berakhir pukul 07.45 dalam kondisi tertib dan terkendali. – sri

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Wordpress Themewordpress
Advertisment ad adsense adlogger