Berwirausaha Bermodal Hoby Lebih Enjoy

img-20161004-wa0008

JatengOnline – Fakultas Ekonomi Universitas Slamet Riyadi (FE Unisri) Surakarta, Senin (3/10/2016) menggelar talkshow Lingkup Ekonomi, mengangkat tema ” Melipat Gandakan Uang dari Hoby ” menghadirkan narasumber, Owner Griya Lilin, Eki Puji Lestari, wirausaha pembuat souvenir berbahan Lilik, usaha merangkak dari nol, bermodal 5 juta uang tabungan diawal 2010, saat ini asetnya mencapai 100 juta.

Mbk Eki, demikian panggilan akrabnya, mengungkapkan alasan menjadi wirausaha karena ingin punya lebih banyak waktu untuk keluarga dan juga sudah jenuh jadi pegawai,

” Kalo berwirausaha kita lebih bebas tentukan jam kerja kita sendiri ” ungkapnya.

Lebih lanjut Eki, memaparkan, kalau bisnis sudah sesuai hobby pasti enjoy sekali, kita bisa fokus ke usaha, kalo sudah suka sulit pindah ke lain hati tidak gampang tergoda usaha lain.

img-20161004-wa0007Memilih usaha souvenir berbahan lilin didahului survai pasar, ternyata masih ada peluang bisnis, belum banyak pelaku bisnis di handycraft ini.

Cuma kelemahannya karena produk handmade,tiap tangan akan menghasilkan produk yg beda biarpun dilakukan bersama dan tidak bisa produksi masal.

Namun sesuatu harus dilihat nilai positifnya. Kendala justru bisa jadi nilai lebih. Penjual bakso menjual bakso 20.000/mangkuk, tapi saya bisa jual replika bakso produk griya lilin seharga 500.000, bisa 25 kalinya.

Resep lain menjadi wirausaha harus bisa menjaga nama baik/reputasi. Dengan wirausaha kita juga bisa memberi manfaat buat saya dan kluarga, juga bisa bermanfaat untuk orang disekitar kita.

Narasumber kedua, Drs. Suharno, MM, Akuntan, dosen akuntansi dan MM Unisri Surakarta, mengungkapkan wirausaha tidak boleh berfikir dan bertindak instant untuk meraih kekayaan, bila instant hasilnya juga instant dan tidak berkah, usahapun tidak bisa langgeng. – arn

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Wordpress Themewordpress
Advertisment ad adsense adlogger