Nilai Pancasila Mulai Luntur

img-20161006-wa0010

JatengOnline – BEM Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika UMS, gelar diskusi Refleksi Hari Kesaktian Pancasila di Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika UMS, Rabu (5/10/2016).

Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik Unisri, Farco Siswiyanto Raharjo, memaparkan perjalanan hari kesaktian Pancasila, serta bagaimana memaknai hari kesaktian Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Saat ini nilai-nilai pancasila mulai luntur di tengah masyarakat. Karena hebatnya penjajahan era modern dengan penyebaran paham radikalisme, terorisme dan ISIS. Hal ini akan berbahaya jika dibiarkan, ” ungkap Farco.

Sementara untuk pemateri lain, yakni Ichwan (Presiden BEM Universitas Muhamadiyah Surakarta), menjadi pemateri pertama, Ichwan selaku pemateri pertama mengulas sejarah diperingatinya hari kesaktian Pancasila.

Lebih lanjut, Farco, berharap kepada mahasiswa yang menyandang sebutan agent of change memiliki tanggung jawab untuk mengimplementasikan nilai-nilai pancasila di masyarakat.

“Jangan lagi ada pertengkaran antar umat beragama. Kita harus toleransi dan memperlakukan manusia sebagai makhluk Tuhan sesuai harkat dan martabatnya. Menghargai perbedaan antar suku, ras, agama, dan multietnis. Melakukan musyawarah dan utamakan kepentingan bersama untuk mencapai mufakat ” pungkas Farco. – arn

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Wordpress Themewordpress
Advertisment ad adsense adlogger