Unisri Bina UKM Pasar Pawon

img-20161007-wa0004

JatengOnline – Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta, melakukan pembinaan kepada pelaku UKM yang tergabung dalam Paguyuban Wedangan Baron (PAWON) yang bermarkas di Baron Gede, Penularan, Solo.

Pawon adalah paguyuban yang menghimpun 30 pedagang makanan tradisional khas Solo. Mulai dari nasi kucing, tahu dan tempe bacem, kikil, jadah, lentho, bakwan dan sejenisnya.

Barang dagangan tersebut setiap sore diambil atau disetor kepada para bakul hik atau wedangan yang tersebar di kota Solo.

Menurut ketua Pawon, Totok Mulyanto, saat ini setiap sore ada sekitar 100 bakul hik atau wedangan yang mengambil dagangan.

” Peredaran uang sehari di sini sekitar 5 sampai 15 juta perhari ” ungkapnya.

Melihat potensi ekonomi yang luar biasa besar LPPM Unisri melalui program hibah IPTEK Bagi Masyarakat (IBM) yang diketuai Wuri Wulandari, ST, MP bersama tim menyelenggarakan pengabdian pada masyarakat berupa pelatihan kewirausahaan, penyuluhan kesehatan dan keamanan pangan, pembuatan gapura dan pemberian 50 box makanan

Pelatihan kewirausahaan, diselenggarakan Kamis pekan lalu (29/9) menghadirkan owner kedai susu She Jack, Joko Surasno, SE, dan dosen prodi akuntansi, Drs. Suharno, MM, Akuntan.

Sedangkan penyuluhan keamanan dan kesehatan  pangan dan pemberian bantuan box makanan dilaksanakan Kamis (6/10/2016). Penyuluhan disampaikan Ir. Linda Kurniawan, MS.

Penyerahan bantuan box secara simbolis oleh Ketua LPPM, Drs. Joko Pramono, MSi didampingi sekretaris LPPM, Dra. Dorothea Ririn, MSi.

Para pengurus dan anggota Pawon sangat berterima kasih dan senang mendapatkan bantuan dan pembinaan sarana dan ilmu kewirausahaan. – arn

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Wordpress Themewordpress
Advertisment ad adsense adlogger