PNM Bersinergi Kembangkan Usaha UMK

p_20161011_111716

JatengOnline, Solo – Beberapa waktu belakangan ini, Jantung perekonomian tanah air sering dikaitkan dengan masalah ekonomi dalam negeri seperti ketimpangan distribusi pendapatan, tingginya tingkat kemiskinan, pengangguran, hingga proses pembangunan yang tidak merata.

Pemerintah telah melakukan berbagai macam upaya dalam rangka pengentasan kemiskinan di Indonesia, salah satunya dengan menggelorakan sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah sebagai ujung tombak dalam menciptakan masyarakat Indonesia yang sejahtera dan Madani.

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki peran yang amat strategis dalam membangun perekonomian nasional, hal ini mengacu pada fakta di lapangan rata-rata usaha besar merupakan hasil perkembangan dari Usaha Mikro Kecil Menengah.

Selain mampu mempercepat pembangunan nasional, sektor UMKM terbukti berperan besar dalam mengurangi angka pengangguran. Berdasarkan data dari Dinas Koperasi & Usaha Kecil Menengah bersama dengan Badan Pusat Statistik wilayah Jawa Barat pada tahun 2000, sekitar 85 % atau 10 Juta tenaga kerja terserap dalam sektor ini.

Menyadari pentingnya sektor UMKM bagi kelangsungan pekonomian Indonesia, PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM sebagai BUMN yang memiliki tugas dalam memberdayakan pelaku UKM tanah air berkomitmen untuk terus mendampingi para pelaku usaha agar mampu bersaing di kancah nasional maupun global.

Salah satu bukti nyata PNM dalam memberdayakan pelaku UKM adalah dengan melakukan kegiatan rutin Program Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU). Dalam kegiatan ini, mitra binaan PNM selain diberikan motivasi usaha juga mendapatkan berbagai macam pelatihan mulai dari sisi manajemen hingga pemasaran. Program inilah yang menjadi pembeda antara PNM dengan lembaga pembiayaan lainnya.

Pada hari Selasa (11/10/2016) PNM melalui cabang Solo menyelenggarakan PKU bertemakan “Komunitas dan Sinergitas Pelaku UMK Untuk Pengembangan Usaha” yang dihadiri oleh 100 mitra binaan PNM Solo. Dalam acara ini, turut hadir Endang Srikarti Handayani Anggota Komisi VI DPR RI sebagai pembicara dan motivator.

Direktur Bisnis Mikro II PNM, Carolina Dina Rusdiana menjelaskan peningkatan UKM memang harus dilakukan dari unit terkecil di daerah-daerah. Persaingan pelaku UKM pun kini mulai dirasakan dari tingkatan lokal, daerah, nasional, hingga regional. PNM akan mendampingi UKM hingga siap bersaing pada level regional maupun mancanegara.

“Pemberdayaan UKM yang kami lakukan sekarang tentu tidak bisa dilakukan sendiri melainkan harus ada sinergi yang kuat dan kerja sama lintas sektoral dengan seluruh pihak yang terkait. Peningkatan produktivitas dan daya saing UKM menuju pasar regional hingga internasional menjadi cita-cita yang PNM ingin capai bersama-sama. Hal ini selaras dengan cita-cita pemerintah yaitu mewujudkan masyarakat yang sejahtera melalui ekonomi kerakyatan,” jelasnya. – ian

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Wordpress Themewordpress
Advertisment ad adsense adlogger